DPR Pecahkan Rekor Dunia

Ahad , 16 Aug 2015, 10:14 WIB
Gedung Nusantara I DPR
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Gedung Nusantara I DPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memecahkan rekor dunia lomba panjat bambu betung terbanyak. Rekor tersebut diserahkan langsung kepada ketua DPR RI Setya Novanto disaksikan dua wakilnya Fadli Zon dan Fahri Hamzah. 

Ketua museum rekor Indonesia, Jaya Suprana mengatakan DPR di Hut ke-70 RI tidak hanya memecahkan rekor MURI, tapi rekor dunia dalam kategori lomba panjat bambu betung terbanyak.

"Rekor dunia," ujar Jaya Suprana, Ahad (16/8).

Menurut dia, ide lomba panjat bambu betung sangat menarik dan belum pernah digelar di sisi dunia manapun. Sehingga museum rekor langsung memberikan rekor dunia untuk lomba panjat bambu betung terbanyak kepada DPR.

Jaya juga menceritakan awalnya Fadli Zon meneleponnya dalam penganugerahan rekor MURI untuk panjat pinang di pesta rakyat DPR. Tapi, pinang yang akan disediakan DPR hanya 70 batang. Sedangkan rekor MURI untuk panjat pinang adalah 2.000 batang. Sehingga museum rekor tidak bisa memberikan rekor tersebut.

Namun kata dia, Fadli Zon tidak kehabisan akal. Dia mengajukan pemecahan rekor MURI lomba panjat bambu betung dengan 70 bambu sesuai dengan umur kemerdekaan Indonesia.

"Setelah kita pikir, panjat bambu betung ini tak pernah digelar di mana pun. Jadi ini pertama kali dan terbanyak," sebut Jaya.

Sebanyak 350 orang ikut lomba panjat bambu betung secara gratis. Panitia pesta Rakyat mengatakan setiap bambu betung dipanjat lima orang peserta, tiga orang sebagai pemanjat inti dan dua sebagai cadangan.

DPR juga mengundang seluruh rakyat Indonesia hadir di lingkungan DPR untuk mengikuti rangkaian perlombaan. Bahkan DPR juga menyiapkan berbagai kuliner gratis untuk masyarakat yang hadir.