Muhaimin Imbau Pemerintah Segera Perluas Sebaran Vaksin PMK Jelang Idul Adha

Vaksinasi PMK harus dipercepat dan diperluas untuk menekan penularan PMK

Selasa , 05 Jul 2022, 03:31 WIB
Pemerintah diminta segera mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi PMK, terutama di daerah-daerah yang terdeteksi penyakit tersebut. ( ilustrasi)
Foto: ANTARA/Muhammad Arif Pribadi
Pemerintah diminta segera mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi PMK, terutama di daerah-daerah yang terdeteksi penyakit tersebut. ( ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar, menyoroti soal merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak jelang Idul Adha. Ia pun mengimbau agar pemerintah segera mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi PMK, terutama di daerah-daerah yang terdeteksi penyakit tersebut.

"Vaksinasi PMK harus dipercepat dan diperluas untuk menekan penularan PMK. Ini juga akan menambah ketenangan di tengah masyarakat yang ingin berkurban dan akan mengonsumsi hewan qurban," kata Muhaimin dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/7/2022).

Dirinya mengingatkan peternak dan pembeli hewan kurban untuk betul-betul mewaspadai merebaknya PMK. Terlebih penyakit tersebut ada yang tidak bergejala.

"Penyakit mulut dan kuku ini harus diantisipasi betul. Apalagi ada yang tanpa gejala ya. Jadi jangan sampai niat ibadah qurban kita malah nanti membawa mudarat pada orang lain," ujarnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga mendesak pemerintah segera mencari solusi untuk menstabilkan harga pangan yang saat ini sedang melonjak naik jelang Idul Adha.

"Saya kira pemerintah harus segera mencari formula dan solusi mengatasi kenaikan harga kebutuhan pokok, bagaimana menstabilkan harga-harga barang di pasar jelang Idul Adha ini," ucapnya.

Ia juga menyoroti Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) yang dinilainya perlu segera menacari solusi cepat mengatasi kenaikan harga-harga bahan pokok.

"Pak Menteri Perdagangan harus cepat mencari solusi, bagaimana tuntutan masyarakat yang meminta harga-harga barang dapat segera stabil itu juga realistis dan perlu segera diatasi," ujarnya.