Ketua Komisi X Ajak Indonesia Doakan Greysia/Apri Raih Emas

Greysia/Apri bisa jadi ganda putri pertama Indonesia yang meraih emas di Olimpiade.

Sabtu , 31 Jul 2021, 12:00 WIB
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda
Foto: Istimewa
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Prestasi membanggakan ditorehkan pasangan ganda putri Indonesia Gresya Polii/Apriyani Rahayu. Greysia/Apri berhasil menyegel satu tiket final dan berpeluang menjadi ganda putri pertama Indonesia yang mendulang emas di ajang Olimpiade. 

“Kita tentu sanggat bangga dengan capaian prestasi Greysia/Apri. Mereka berhasil mematahkan kutukan jika pasangan ganda putri Indonesia di Olimpiade selalu tak beruntung untuk menjejakkan kaki ke final. Namun perjuangan mereka belum selesai. Mereka tinggal selangkah lagi membuka kran emas Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Dan itu butuh doa kita semua,” ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda dalam keterangannya, Sabtu (31/7).

Huda mengatakan, sejak tradisi emas cabang bulu tangkis Olimpiade di tahun 1992, nomor ganda putri belum sekalipun berhasil mencetak prestasi tertinggi bagi Indonesia. Langkah ganda putri dari Olimpiade ke Olimpiade mentok hanya sampai di perempat final.

“Kini Greysia/Apri bisa menorehkan nama harum mereka sebagai ganda putri pertama Indonesia yang lolos final setelah mengalahkan pasangan Korea Selatan Lee So-hee/Shin Seung-chan,” ujar dia.

Lawan Gresya-Apri di babak final yakni pasangan China Chen Qingchen/Jia Yifan (China) yang menduduki peringkat pertama dunia ganda putri. Chen Qingchen/Jia Yifan berhasil lolos ke final setelah menekuk pasangan ganda putri Korea Selatan lain Kim So Yeong-Kong Hee Yong dua set langsung.

“Perjuangan Greysia/Apri cukup berat di final karena menghadapi pasangan dengan peringkat yang lebih tinggi dari mereka. Namun aura final pasti akan berbeda. Kita berharap dengan semangat juang tinggi Greysia/Apri akan mampu memenangkan game final dan meraih emas,” katanya.

Politikus PKB ini menuturkan, kemenangan Greysia/Apriyani di final ganda putri Olimpiade akan menjadi kado manis bagi Indonesia yang akan merayakan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan beberapa pekan mendatang. Kado emas Greysia/Apri juga dinanti sebagai penyemangat Indonesia yang tengah berjuang keluar dari pandemi Covid-19.

“Kado emas dari Greysia/Apriyani tentu kita nantikan bersama. Meskipun capaian mereka di final sudah cukup membanggakan,” kata Huda.