Bamsoet Ajak Jokowi dan Pejabat Negara Jaga Silaturahim

Di bulan Ramadhan penting menghindari sikap saling menyalahkan demi persatuan bangsa.

Selasa , 29 May 2018, 06:25 WIB
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Presiden Jokowi.
Foto: DPR
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla dan para pejabat negara senantiasa menguatkan silaturahim demi persatuan bangsa. Terlebih di bulan suci Ramadhan seperti ini, sehingga bisa saling bekerja sama dan menghindari sikap saling menyalahkan.

"Yang paling penting harus dibangun adalah sikap saling menguatkan dalam menjalankan tugas kita masing-masing. Bagi DPR, tentu sebagai lembaga perwakilan rakyat harus senantiasa menjalankan fungsi check and balances antarcabang kekuasaan negara sesuai koridor UUD 1945. Semuanya dalam kerangka membangun negara yang kita cintai ke arah yang lebih baik," ujar Bamsoet saat menjadi tuan rumah buka puasa bersama di rumah dinas ketua DPR RI di Komplek Widya Chandra, Jakarta, Senin (28/5).

photo

Selain Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, para menteri Kabinet Kerja juga tampak hadir, antara lain Menteri Sosial Idrus Marham dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Hadir juga para pimpinan lembaga negara seperti Ketua BPK Moermahadi, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Ketua Komisi Yudisial Aidul Azhari, Ketua KPK Agus Rahardjo, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, dan Kepala PPATK KA Badaruddin.

Sejumlah tokoh nasional juga hadir, seperti Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tandjung, Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Ketua Umum Kadin Roesan Roeslani. Turut serta para duta besar negara sahabat seperti Duta Besar Uzbekistan, Duta Besar Maroko, dan Dubes Uni Emirat Arab.

Menjelang mempersilakan tamu undangan berbuka puasa, mantan ketua Komisi III DPR RI ini mengingatkan tak lama setelah Ramadhan usai, bangsa Indonesia akan menghadapi pilkada serentak pada 27 Juni 2018. Selain itu, tahun ini juga merupakan tahun persiapan menghadapi pemilu serentak 2019. Karenanya, Ramadhan kali ini harus dijadikan momentum untuk selalu menjalin silaturahim antarsesama anak bangsa, terlebih diantara para elite politik.

photo

Dalam sambutannya, secara berseloroh Bamsoet menyampaikan hadir dalam buka puasa ini hampir semua cawapres yang siap mendampingi Jokowi berkontestasi pada 2019. “Ada Pak Airlanggga, ada Pak Rommy, ada Pak Zulkifli Hasan, ada Muhaimin Iskandar walau berhalangan datang tapi menyampaikan beliau tetap cawapres. Kalau Pak Jokowi masih bimbang, disini ada Ketua MK, Ketua MA, Ketua KY, Ketua BPK dan ada ketua KPK yang siap melaksakan fit and proper test untuk cawapres Pak Jokowi,” kata Bamsoet.

Bamsoet juga menyampaikan perbedaan diantara kita harus menjadi rahmat dan bukan sebaliknya. Sebab, adalah sebuah keniscayaan adanya perbedaan diantara kita baik dari suku, ras, golongan, agama, dan bahkan pilihan politik. “Tetapi kesemuanya itu harus dikelola untuk kemaslahatan umat dan rakyat Indonesia," tutur Bamsoet

Dengan demikian, Bamsoet meyakini permasalahan intoleransi yang kembali merebak bisa terkikis habis. Intoleransi bukan hanya dalam kehidupan beragama saja, melainkan juga dari berbagai bidang kehidupan lainnya.

photo

"Elite politik harus memberikan contoh bagaimana menjalankan toleransi dalam kehidupan. Kita memang berbeda dalam banyak hal, namun tetap bersatu dalam kebersamaan. Ramadhan harus menjadi spirit bersatu padu tetapi tidak menghilangkan keanekaan," jelas Bamsoet.  

Dia berharap Ramadhan memberikan kesempatan sekaligus peluang meningkatkan kualitas diri serta menjaga persatuan bangsa. Sepatutnya semua pihak menyadari bahwa bila perpecahan terjadi, akan membuat bangsa lemah tak berdaya.

"Marilah di bulan suci Ramadhan ini kita refleksikan sebagai panggilan kepada semua anak bangsa untuk kembali menyatukan hati dan tindakan. Untuk selalu mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan kita sendiri," ujar Bamsoet.