DPR Minta Persiapan Mudik 2017 Ditingkatkan

Jumat , 16 Jun 2017, 18:51 WIB
Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto
Foto: DPR RI
Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Agus Hermanto meminta pemerintah segera mempersiapkan manajemen lalu lintas yang lebih baik, mengingat arus mudik lebaran yang semakin dekat. Meskipun beberapa persiapan telah dilakukan oleh Kementrian Perhubungan dan kepolisian, namun Agus menganggap upaya lebih harus disiapkan demi menghindari pelayanan yang tidak merata di titik-titik arus mudik.

“Karena ini event besar, sudah pasti beberapa tempat banyak kedodoran,” kata Agus dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Jumat (16/6).

Agus mengaku DPR telah meminta Jasa Marga, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR), dan Menteri Perhubungan (Menhub) agar peristiwa Breksit tidak terjadi lagi, mengingat saat ini jalan tol sudah diperpanjang hingga Waleri. Wakil Ketua DPR Korinbang ini menekankan, perpanjangan tol hingga Waleri ini diharapkan tidak membuat seluruh aparat dan instansi menjadi terkecoh dan hanya memfokuskan pada jalur tersebut.

“Maka jangan semuanya keluar di lokasi itu dan terjadi kebuntuan. Bahkan kalau perlu mulai Cirebon sudah diatur, kemudian beberapa lokasi ke timur lagi termasuk Pemalang. Sebelum terjadi kemacetan panjang sudah bisa diurai dari kota-kota yang dilalui tol sebelum Semarang,” ujar dia.

Dia memprediksi peluang macet akan tetap ada, mengingat penambahan jalan-jalan belum memadai dibanding jumlah kendaraan yang akan mudik. Menurut dia, yang dapat meredusir adalah mengurangi dampak kemacetan dan bisa dilakukan oleh baik kepolisian dan perhubungan sehingga bisa terurai dan berjalan lebih lancar.

“Manajemen lalu lintas harus jitu tidak semua keluar Weleri atau Brebes, tapi sudah dimulai dari Cirebon sudah diatur sehingga masuk ke kota Semarang. Mudah-mudahan dengan manajemen lalu lintas yang baik bisa teratasi,” kata Agus.

Dari sisi keamanan, Agus berharap polri dapat mempersiapkan personilnya dan jika diperlukan, personil TNI dapat turut membantu kelancaran dan keamanan pemudik. Dalam rangka ini pula, pada 20 Juni mendatang Pimpinan DPR Korinbang akan melakukan sidak ke bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun kereta api di Semarang.

“Saya akan lihat kesiapan mudik lebaran mengantisipasi apakah transportasinya telah memadai, kepada masyarakat konstituen harus diberikan pelayanan terbaik,” kata Agus Hermanto menambahkan.