Waduk Bendo Bisa Mengaliri 73 Ribu Hektare Sawah di Ponorogo

Sabtu , 23 Jul 2016, 08:12 WIB
Sawah
Sawah

REPUBLIKA.CO.ID, PONOROGO -- Waduk Bendo di Kabupaten Ponorogo yang kini sedang dibangun diharapkan mampu meningkatkan kualitas tanaman pangan. Waduk ini kelak akan mengairi 73 ribu hektar sawah di Ponorogo.

Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI melihat langsung waduk ini di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, belun lama ini. Waduk ini dibagun untuk  pengembangan sumber daya air, baik irigasi, air baku domestik, dan industri pengendalian banjir.

Ketua Komisi V DPR Farry Djemi Francis menyambut baik pembangunan waduk ini. Pekerjaan selanjutnya tinggal memperbaiki infrastruktur saja menuju waduk tersebut.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menjelaskan, waduk ini memiliki kedalaman 21 m dengan konstruksi tahan hingga 100 tahun. Diharapkan akhir 2017 waduk ini rampung dibangun.

Ditambahkan Bupati, saat ini baru 30 persen masyarakat Ponorogo yang menikmati air baku. Bila waduk sudah dioperasikan, semua masyarakat bisa menikmati air baku yang baik.

Air waduk ini tidak saja mengairi 60 persen sawah di Ponorogo, tapi juga 40 persen sawah di Madiun. Waduk ini kelak juga bisa dijadikan objek wisata bagi masyarakat sekitar. 

Sumber : pemberitaan DPR