PKS Bulat Dukung Pembentukan Pansus Asap

Rabu , 28 Oct 2015, 22:39 WIB
Mohammad Sohibul Iman - Presiden PKS
Foto: Republika/ Wihdan
Mohammad Sohibul Iman - Presiden PKS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden PKS Muhamad Sohibul Iman menyatakan dukungannya terhadap pembentukan Pansus Asap. Bahkan, ia menegaskan PKS akan menjadi salah satu inisiator dibentuknya pansus tersebut.

"Kami mendukung Pansus Asap. Kita ingin pemerintah memberikan perhatian yang serius dalam mengangani masa asap," kata Sohibul, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (28/10). 

Dalam menangani masalah asap, kata dia, DPR harus memanfaatkan sarana apapun untuk mendesak pemerintah. Menurutnya, meski telah melalui jalur pengawasan rutin, namun ternyata hasilnya belum memuaskan. 

"Karena itu kita masuk ke pengawasan yang khusus, salah satunya lewat pansus ini," ujar dia.

Sohibul berharap Pansus Asap dapat membuat pemerintah lebih serius dalam menanggulangi penanggulangan bencana asap. DPR, kata dia, akan melakukan pengawasan lebih intensif daripada pengawasan biasa. 

Dalam menangani masalah asap ini, Sohibul menilai ada usaha jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendeknya adalah bagaimana persoalannya asap selesai saat ini. Jangka panjangnya, agar tahun depan dan tahun-tahun berikutnya kebakaran tidak terjadi lagi.