Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Bamsoet Puji Kesiapan Arus Mudik

Ahad 10 Jun 2018 16:31 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Ani Nursalikah

Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Foto: ANTARA FOTO/Elang Senja
Dia menilai keamanan untuk pemudik sudah siap.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memuji kesiapan Pemerintah dalam mengamankan arus mudik. Dia menyebut secara keseluruhan persiapan yang dilakukan petugas dan semua yang berkepentingan lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya.

“Persiapan sudah mantap, langkah antisipasi juga sudah detail. Secara keseluruhan, pemerintah dan keamanan sudah siap. Kemajuan luar biasa dibanding tahun lalu, termasuk kekompakan antara Polri, TNI, dan seluruh jajarannya,” ujar Bambang saat melakukan kunjungan kesiapan posko di rest area gerbang tol fungsional Kertasari di KM 294 Tol Pejagan-Pemalang, Ahad (10/6).

Dia mengatakan, sejauh ini belum ada hambatan yang serius. Bambang pun mengimbau masyarakat terutama bagi pemudik untuk berangkat melintasi jalan tol baru yang ia nilai telah nyaman.

“Diimbau juga ke  pemudik yang baru mau berangkat, silakan berangkat melalui jalan tol, karena jalan sudah nyaman. Mulai dari lepas Bekasi masuk ke Jabar dan Jateng, semua berkat kerja keras pemerintah,” ujarnya.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meminta petugas meyakinkan kepada masyarakat bahwa pemerintah telah melakukan antisipasi untuk menjamin kelancaran arus mudik 2018. Dia mengatakan, semua pemangku kepentingan, seperti Kementerian Kesehatan, TNI, Polri, Kementrian Perhubungan, dan Kementrian PUPR telah berkomitmen menjaga arus mudik lebih lancar.

Dia juga meminta Polri dan TNI tetap menjaga keamananan di tempat-tempat peribadahan yang digunakan untuk beribadah shalat Idul Fitri. “Jelang shalat Id, tolong bisa dijaga tempat yg akan menjalankan ibadah shalat. Tempat ibadah agama lain juga bisa dijaga keamanan dan kenyamanannya,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi juga menyatakan meskipun prediksi puncak kendaraan melintas untuk mudik adalah Sabtu (9/6) dan Ahad (10/6), dia mengatakan kondisi lalu lintas masih kondusif. Dia menyebut kenaikan jumlah kendaraan akan meningkat lagi pada H-3 dan H-2 nanti.

“Sepertinya pada Senin Selasa nanti agak landai, sementara nanti pada H-3 dan H-2 juga mungkin akan mengalami peningkatan lagi,” ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler