Ketua DPR Ajak Masyarakat Internalisasikan Nilai-Nilai Pancasila

Rabu , 01 Jun 2016, 12:10 WIB
Ade Komarudin
Foto: Republika/ Wihdan
Ade Komarudin

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ade Komarudin, mengajak seluruh elemen bangsa untuk merefleksikan dan menginternalisasikan kembali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Saya mengajak seluruh elemen bangsa ini untuk bersatu padu dan bergotong royong mewujudkan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila," kata Ade, dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6).

Menurutnya, Pancasila adalah sebuah konsepsi dan cita-cita yang harus diwujudkan. Melalui Pancasila, bangsa Indonesia mempunyai pedoman serta arah dan tujuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Akom menjelaskan, Pancasila adalah falsafah dan ideologi negara. Didalamnya ada nilai-nilai luhur bangsa yang semuanya harus mengejawantah dalam diri anak bangsa.

Ia mengimbau, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus diperjuangkan bersama oleh seluruh elemen bangsa hingga mampu terealisasi dengan baik ditengah-tengah masyarakat. “Presiden Soekarno telah membuat dasar bernegara kita yang terangkum dalam lima sila Pancasila," ucapnya.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang digagas oleh Presiden Soekarno tersebut, lanjut dia, harus diperjuangkan secara bersama. Tanpa perjuangan, maka pesan-pesan tersebut tidak akan terealisasi.

Ditengah tantangan Indonesia saat ini yang semakin komplek, Akom menyebut Pancasila dapat menjadi pemersatu sekaligus menjadi solusi atas berbagai persoalan bangsa. Oleh karena itu, menurutnya, generasi saat ini bertugas untuk menjadikan Pancasila tetap relevan dengan konteks kekinian.

“Generasi kita saat ini dan yang akan datang, bertugas untuk menjadikan Pancasila tetap relevan dengan konteks kekinian dan mampu menjawab tantangan zaman," ujarnya.

Apalagi, ditengah tantangan Indonesia saat ini yang semakin komplek, mulai dari persoalan ekonomi, hukum dan kedaruratan sosial, Pancasila tidak hanya jadi pemersatu, tapi juga menjadi solusi atas berbagai permasalahan tersebut.