Minggu, 21 Ramadhan 1440 / 26 Mei 2019

Minggu, 21 Ramadhan 1440 / 26 Mei 2019

'Perempuan Pemegang Kunci Penguatan Ketahanan Keluarga'

Kamis 06 Des 2018 10:43 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

 Wakil Ketua DPD RI Darmayanti Lubis.

Wakil Ketua DPD RI Darmayanti Lubis.

Foto: dpd
Perempuan yang akan melahirkan generasi penerus bangsa.

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT -- Perempuan memegang kunci penguatan dalam ketahanan keluarga untuk melahirkan individu-individu bangsa yang unggul dan berkarakter. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis dalam acara Silaturahmi dan Diskusi Publik dengan tema Peran Perempuan dalam Ketahanan Keluarga yang diselenggarakan oleh Pengurus Pengajian Al Hidayah, Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat Sumatra Utara, Rabu (5/12).

Darmayanti Lubis yang juga merupakan Senator DPD RI dapil Sumatera Utara ini  mengatakan perempuan bisa menjadi mitra yang setara bagi laki-laki dalam membentuk ketahanan keluarga. Ketahanan keluarga, kata Darmayanti Lubis, menentukan keberhasilan pembangunan nasional karena keluarga melakukan pengasuhan terhadap individu.

"Pola masyarakat ditentukan oleh masyarakat, ketahanan dan kualitas keluarga akan mempengaruhi kualitas individu dan kualitas bangsa ke depan. Keluarga merupakan wadah  menyemai kasih sayang, sumber daya materi dan sumber daya waktu dalam membesarkan dan membentuk anak-anak bangsa yang berkarakter," ujar Darmayanti Lubis.

Saat ini perempuan selain berperan dalam keluarga, juga berpeluang berkontribusi pada lingkungan. Kesadaran akan posisi yang setara dengan laki-laki mengharuskan perempuan meningkatkan kualitas hidup dan potensi yang dimiliki.

Darmayanti menyebutkan peran perempuan  bermakna ganda. Menyiapkan generasi penerus yang unggul, berdaya saing dan nasionalis, dan berkontribusi pada bangsa. Perempuan tidak bisa ditinggalkan dalam menyukseskan agenda tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDG's).

Sementara itu Wakil Ketua pengajian Al Hidayah se Kabupaten Langkat Nurjani mengatakan pengajian ini untuk mengingatkan pentingnya peranan perempuan dalam ketahanan keluarga. Sebab, perempuan yang akan melahirkan generasi-generasi bangsa yang islami dan berkarakter.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA