Rabu 21 Oct 2015 09:15 WIB

Setahun Jokowi-JK, Perlindungan Anak dan Kesehatan Masih Jadi PR Besar

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Angga Indrawan
Fahira Idris
Foto: dokpri
Fahira Idris

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komite III DPD Fahira Idris memberi sorotan terhadap kinerja setahun pemerintahan Jokowi-JK. Fahira yang bidang tugasnya mengawasi kinerja Pemerintah Bidang Kesra mengatakan, setahun memang belum bisa jadi ukuran berhasil tidaknya Jokowi-JK memimpin pemerintahan. Namun, lanjutnya, waktu setahun bisa dijadikan gambaran seperti apa wajah bangsa ini lima tahun ke depan.

“Catatan saya untuk bidang kesehatan dan perlindungan anak masih banyak yang harus dikejar pemerintah,” ujar Fahira Idris, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/10).

Untuk bidang kesehatan, Fahira belum melihat ada keterpaduan antarkementerian/lembaga dalam Program Indonesia Sehat. Menurutnya, pelayanan kesehatan tidak dapat dilepaskan dari kondisi infrastruktur di sebuah daerah, baik infrastruktur jalan, transportasi maupun infrastruktur kesehatan itu sendiri. Di banyak daerah, sambungnya, masih ditemui warga yang sulit mengakses fasilitas kesehatan. 

Oleh Karena itu, lanjut dia, kementerian terkait, terutama Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, BKKBN, Kepala Daerah, dan lembaga terkait lainnya, harus duduk bersama untuk menyelesaikan persoalan ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement