Rabu 07 Dec 2022 03:24 WIB

Jumlah Penumpang Kereta Api di Sumbar Meningkat

Pada tahun 2022 sampai bulan Oktober tercatat 1.014.767 penumpang.

Rep: Febrian fachri/ Red: Dwi Murdaningsih
Kereta Api Minangkabau Ekspres melintas.
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Kereta Api Minangkabau Ekspres melintas.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Vice President PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional (Divre) II Sumbar, Mohamad Arie Fathurrochman, mengatakan jumlah penumpang kereta api di wilayah kerja mereka mulai meningkat. Jumlah pengguna kereta api di Divre II Sumbar pada 2021 tercatat 642.827 penumpang.

Sementara pada tahun 2022 sampai bulan Oktober tercatat 1.014.767 penumpang. “Dulu lebih banyak penumpang untuk tujuan wisata, sekarang mulai tumbuh penumpang pesawat yang memanfaatkan kereta api,” kata Arie, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga

Ia menyebut saat ini, Kereta api Minangkabau Ekspres ini menjadi satu-satunya kereta api bandara di Indonesia yang sering berhenti di setiap stasiun dan shelter. Okupansi penumpang rute BIM saat ini menurut dia juga mulai tumbuh lebih baik. Calon penumpang pesawat  mulai memanfaatkan kereta api untuk menuju Padang ataupun Bandara Internasional Minangkabau .

 

PT KAI Divre II Sumbar lanjut Arie juga meningkatkan okupansi penumpang dan minat masyarakat menggunakan kereta api. Mulai dari memberlakukan tiket khusus untuk penumpang dewasa yang berangkat secara rombongan.

 

“Jadi tidak hanya anak sekolah saja yang boleh berangkat rombongan dengan menggunakan kereta api, tapi di Sumbar orang dewasa juga boleh berangkat rombongan,” ucap Arie.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement