Jumat 12 Aug 2022 14:43 WIB

Satgas: 25 Kasus Baru Covid-19 Muncul di Kepri

Rata-rata pasien Covid-19 di Kepri tertular varian Omicron.

Ruang isolasi pasien Covid-19. Ilustrasi
Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Ruang isolasi pasien Covid-19. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencatat 25 kasus baru Covid-19 muncul di wilayah itu. Ini merupakan angka tertinggi dalam laporan harian selama satu semester terakhir.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kepri dr Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang, Jumat (12/8/2022), mengungkapkan, jumlah penambahan pasien baru Covid-19 dalam laporan harian, biasanya paling tinggi belasan orang.

Baca Juga

Peningkatan jumlah kasus baru itu, menurut dia, adalah alarm bagi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Masyarakat tidak perlu panik menghadapi Covid-19, melainkan cukup menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kepri itu juga mengingatkan masyarakat untuk vaksin Covid-19 sehingga terbentuk sistem kekebalan tubuh. "Vaksinasi itu penting dilakukan, mulai dari dosis pertama hingga ketiga. Program pemerintah ini semata-mata untuk melindungi warga dari Covid-19 yang mematikan," katanya.

Ia mengemukakan berdasarkan hasil penelitian tim ahli dari Kemenkes, rata-rata pasien Covid-19 di Kepri tertular Omicron,salah satu varian Covid-19. Karena itu, pasien tersebut bergejala ringan dan mudah sembuh.

"Kalau yang sudah vaksin, sebelum 10 hari rata-rata sudah sembuh karena imun tubuhnya kuat," kata Tjetjep Yudiana.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kepri Muhamad Bisri mengatakan jumlah kasus aktif Covid-19 di wilayah itu sebanyak 116 orang. Pasien Covid-19 di Kepri tersebar di Batam sebanyak 56 orang, Tanjungpinang 41 orang, Bintan 12 orang dan Karimun tujuh orang.

Sebanyak 12 orang sembuh dari Covid-19 berdasarkan laporan harian Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten dan kota. "Ada satu pasien yang meninggal dunia di Kabupaten Anambas. Setelah dites usap ternyata tertular Covid-19," ucapnya.

Saat ini, di Anambas, Kabupaten Lingga dan Natuna tercatat nihil kasus aktif Covid-19. Namun hanya Anambas yang tetap bertahan sebagai Zona Hijau, sedangkan kabupaten dan kota lainnya di Kepri sebagai Zona Kuning atau risiko penularan rendah.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement