Saturday, 12 Rabiul Awwal 1444 / 08 October 2022

Mendag Sebut Harga Bahan Pokok di Pasar Raya Padang Stabil

Senin 08 Aug 2022 10:31 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil

 Mendag Sebut Harga Bahan Pokok di Pasar Raya Padang Stabil. Foto:  Warga ramai berbelanja di kawasan Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Jumat (29/04/2022). Pusat perbelanjaan di kawasan pasar tradisional tersebut ramai oleh warga yang berbelanja kebutuhan Lebaran.

Mendag Sebut Harga Bahan Pokok di Pasar Raya Padang Stabil. Foto: Warga ramai berbelanja di kawasan Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Jumat (29/04/2022). Pusat perbelanjaan di kawasan pasar tradisional tersebut ramai oleh warga yang berbelanja kebutuhan Lebaran.

Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Mendag menyebut yang masih agak tinggi di Pasar Raya Padang adalah cabai.

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG-- Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, mengatakan harga-harga terutama harga kebutuhan pokok di Pasar Raya Padang cenderung stabil. Ia mencontohkan harga telur per kilogram rata-rata Rp 260 ribu- Rp 270 ribu per kilogramnya.

Kemudian bawang merah Rp 30 ribu per kilogram. Minyak curah kata dia justru berada di bawah harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp 13 ribu. HET yang ditetapkan pemerintah adalah Rp 14 ribu.

Baca Juga

"Harga-harga di Pasar Raya Padang stabil dan bahkan cenderung turun," kata Zulkifli, di Pasar Raya Padang, Senin (8/8/2022).

Untuk bawang merah, Zulkifli memuji Sumatera Barat karena dapat menurunkan harga bawang. Ia mendapat laporan kalau di Sumatra Barat ada daerah sentra bawang yakni di Alahan Panjang, Kabupaten Solok. Sehingga untuk kebutuhan bawang merah, Sumbar dapat memproduksi sendiri dengan stok yang cukup.

Zulkifli menyebut harga yang masih agak tinggi di Pasar Raya Padang adalah harga cabai. Di mana harga cabai di pasar ini masih Rp 70 ribu per kilogram.

"Kalau di Jawa, cabai sudah 60 ribu. Mungkin karena orang Padang suka makan cabai jadi masih mahal," ujar Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan mengapresiasi pemerintah daerah di Sumatera Barat karena telah mampu mengawasi harga-harga sehingga kini dalam keadaan stabil.

Minyak goreng yang beberapa bulan sebelumnya sempat menjadi persoalan menurut dia sekarang sudah kembali stabil. Karena sudah banyak pasokan minyak curah yang HET nya Rp 14 ribu.

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA