Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Gubernur Sumbar Harap K-SMR Berdayakan 600 Ribu UMKM

Ahad 29 May 2022 03:21 WIB

Red: Christiyaningsih

Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi resmi mengukuhkan sejumlah pengurus Koperasi Saudagar Minang Raya (K-SMR) periode 2022 - 2025.

Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi resmi mengukuhkan sejumlah pengurus Koperasi Saudagar Minang Raya (K-SMR) periode 2022 - 2025.

Foto: Pemprov Sumbar
Gubernur Sumbar kukuhkan pengurus Koperasi Saudagar Minang Raya (K-SMR) 2022-2025

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi resmi mengukuhkan sejumlah pengurus Koperasi Saudagar Minang Raya (K-SMR) periode 2022- 2025. Kepengurusan diketuai Joinerri Kahar yang merupakan ayahanda dari Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy.

Pengukuhan berlangsung di Aula Istana Bung Hatta, Bukitinggi, Sabtu (28/5/2022). Buya Mahyeldi dalam sambutannya berharap kepada pengurus yang baru saja dikukuhkan untuk menjaga kebersamaan dan persatuan demi membangun sinergisitas guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti yang dicita-citakan Bapak Koperasi Mohammad Hatta.

Baca Juga

“Keberhasilan Bung Hatta sebagai Bapak Koperasi telah diakui oleh dunia internasional. Hal tersebut semoga menjadi salah satu motivasi untuk mewarisi semangat dari Bung Hatta. Oleh sebab itulah mengapa pengurus K-SMR dilantik di sini,” ujarnya.

Gubernur juga berharap Koperasi SMR dapat menjawab peluang-peluang peningkatan perekonomian di Sumatra Barat, salah satunya adalah dengan memberdayakan sekitar 600 ribu UMKM yang ada di Sumbar. Menurutnya keberadaan K-SMR merupakan bagian yang menjembatani UMKM dalam meningkatkan kualitas dan pemasaran. "Agar hasil produk UMKM dapat kita ekspor baik ke pasar nasional maupun internasional, maka dari itu UMKM di Sumbar perlu fasilitas dan dukungan oleh organisasi yang fokus pada pengembangan koperasi salah satunya adalah organisasi K-SMR ini,” ucapnya.

Mendukung hal tersebut, Ketua Umum K-SMR Joinerri Kahar menyampaikan program-program yang telah dilakukan adalah Rumah Potong Ayam (RPA) yang berlokasi di Kota Padang. Dia mengatakan Rumah Potong Ayam tersebut merupakan satu-satunya yang ada di Sumbar. Pihaknya mengatakan nantinya dari semua kabupaten dan kota akan menyuplai ayam segar ke RPA tersebut.

“Saya harap hadirnya RPA ini ini dapat mempermudah para pelaku usaha dalam mencari ayam yang segar, higienis, dan juga halal,”

Bupati Kabupaten Agam, yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan selamat kepada Joinerri Kahar yang dilantik sebagai ketua umum K-SMR. Ia berharap semoga di bawah kepemimpinan Joinerri K-SMR mampu menghasilkan berbagai kinerja yang lebih baik.

Turut hadir dalam acara tersebut, Anggota DPD RI Ema Yohana, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Periode 2001 2004 Rokhmin Dahuri, Wakil Menteri Pendidikan Periode 2010-2011 Fasli Jalal, Ketua DPW P3 Sumbar Hariadi, serta Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumbar.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA