Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Wagub Lampung Minta Warga Tetap Peduli Penyakit Menular

Kamis 19 May 2022 01:17 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Diperbolehkan buka masker di tempat terbuka, tapi tetap tidak boleh euforia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Meski ada kelonggaran dalam menggunakan masker di ruang terbuka pada masa pandemi Covid-19, namun Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia berharap warga tetap peduli dan berhati-hati bahaya penyakit menular Covid-19. “Memang ada pelonggaran, diperbolehkan buka masker di tempat terbuka, tapi tetap tidak boleh euforia,” kata Wagub Lampung Chusnunia di Bandar Lampung, Rabu (18/5/2022).

Dia mengatakan, pelonggaran penggunaan masker khusus di area terbuka tidak lantas membuat masyarakat senang atau euforia, karena saat ini masih pandemi Covid-19. Menurut dia, pelonggaran pemakaian masker di ruang terbuka, hendaknya warga tetap memerhatikan dan peduli dengan bahaya penyakit menular seperti Covid-19. “Jangan euforia dan tetap berhati-hati,” ujar mantan bupati Lampung Timur tersebut.

Baca Juga

Khusus di Provinsi Lampung, ia mengingatkan warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19, meskipun jumlah kasus terus menurun. Sebagai daerah perlintasan Jawa- Sumatra, kata dia, Provinsi Lampung rentan penyebaran penyakit menular, karena banyak orang mampir di Lampung sebagai pintu gerbang Sumatra.

Untuk itu, ia berharap masyarakat di Lampung tetap menjaga kebersihan dan kesehatan selama masa pandemi ini, meskipun ada pelonggaran dalam penggunaan masker di ruang terbuka. Artinya, bila terdapat keramaian atau kerumunan orang tetap menggunakan masker untuk mencegah masuk dan menyebarnya penyakit. 

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana tetap mengingatkan untuk menjaga protokol kesehatan di tempat keramaian meski di luar ruangan. “Tapi tolong liat keadannya, kalau tidak ramai tidak jadi masalah,” kata Wali Kota Eva Dwiana, Rabu (18/5/2022). 

Eva berharap masyarakat di Kota Bandar Lampung tetap menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang sekarang cenderung menurun. Mengenai pemakaian dan tidak memakai masker, Wali Kota Eva Dwiana mengatakan, tetap melihat kondisi kesehatan seseorang dan kondisi tempatnya. 

Bagi warga yang sehat, tidak memakasi masker di tempat terbuka tidak menjadi masalah. Sedangkan warga yang sakit di luar apalagi di dalam ruangan tetap menggunakan masker.

“Kalau tidak sehat tetap pakai masker dan mematuhi protokol kesehatan,” kata Eva, yang pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Lampung. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA