Senin 29 Mar 2021 23:25 WIB

Pekanbaru Targetkan 600 Ribu Penduduk Divaksinasi Tahun Ini

Vaksinasi sebagai upaya percepatan pengendalian Covid-19.

Pekanbaru Targetkan 600 Ribu Penduduk Divaksinasi Tahun Ini. Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin Covid-19.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pekanbaru Targetkan 600 Ribu Penduduk Divaksinasi Tahun Ini. Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru menargetkan separuh dari 1,2 juta penduduk setempat akan tervaksin Covid-19 hingga akhir 2021. "Kurang lebih 600 ribu dari 1,2 juta penduduk Kota Pekanbaru sudah tervaksin pada Desember ini," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT, Senin (29/3).

Firdaus menyebutkan, tujuan vaksinasi tersebut adalah upaya percepatan pengendalian Covid-19 di Ibu Kota Provinsi Riau ini. Info dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa vaksinasi bagi 181 juta penduduk Indonesia akan selesai hingga Desember 2021.

Baca Juga

"Maka dalam waktu sembilan bulan ke depan, kita harus bagi rencana vaksin kita," kata Firdaus.

Jumlah penduduk Kota Pekanbaru yang akan divaksin ini terbagi pada beberapa golongan seperti anak-anak, dewasa, lansia, serta sesuai profesi yang beragam. Artinya, sejauh ini diperkirakan hanya sebanyak 600 ribu jiwa harus tuntas melakukan vaksinasi Covid-19 hingga akhir tahun.

 

Hal itu sesuai prediksi ketersediaan vaksin dari pemerintah pusat. Menurutnya, percepatan vaksinasi harus digesa oleh Satgas Covid-19 harus dilakukan dengan skala prioritas mengingat jumlah vaksin yang masih sangat terbatas.

Usai tenaga kesehatan dan masyarakat lanjut usia (lansia), vaksinasi saat ini diprioritaskan bagi kelompok pekerja pelayanan publik. "Terutama untuk pelayanan publik seperti RT/RW, tokoh agama, dan guru karena mereka berinteraksi dengan masyarakat banyak," ujarnya.

Meskipun masyarakat sudah mendapatkan vaksin mereka juga harus tetap untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement