Jumat 05 Mar 2021 19:42 WIB

Pemerintah Serahkan Ganti Lahan Tol di Padang Pariaman

Dari 1.452 bidang tanah yang dibutuhkan, telah bebas 127 bidang lahan.

Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PARIAMAN- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumbar Jasman Rizal mengatakan hari ini Jumat (5/3) pemerintah menyerahkan uang Rp 14 miliar untuk pengganti lahan yang terpakai untuk jalan tol Padang-Pekan baru di Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar. Uang Rp 14 miliar tersebut untuk biaya pengganti 24 bidang tanah dan 10 penggarap.

"Penyerahan dilakukan di Kantor Bupati Padang Pariaman," kata Jasman.

Baca Juga

Jasman menerangkan sampai saat ini pembebasan lahan untuk jalan Tol Padang-Pekanbaru di penetapan lokasi (penlok) 1 dan 2 sudah 20,4 persen. Jasman menyebut pemerintah menargetkan pembebasan lahan untuk tol ini dapat rampung pada Juni 2021 nanti.

Saat ini panjang ruas tol Padang-Pekanbaru yang digarap dari kota Padang hingga Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman sepanjang 36,6 kilometer. Lahan sepanjang 36,6 kilometer ini dibagi ke dalam penlok 1 dan 2.

"Dari 1.452 bidang tanah yang dibutuhkan, telah bebas 127 bidang lahan. Namun jika dari seluruh tahapan proses pengadaan tanah, progres nya sudah mencapai 57 persen. Secara keseluruhan, tidak ada ditemukan permasalahan ganti untung lahan masyarakat dan pembangunan jalan tol akan terus dilaksanakan," ucap Jasman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement