Rabu 13 Jan 2021 06:03 WIB

Seribu Orang Pasien Positif Covid di Sumbar Isolas Mandirii

Sekarang jumlah kasus positif Covid-19 di Sumbar sudah 24.599 orang

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat (Sumbar) Jasman Rizal mengatakan sekarang jumlah kasus positif Covid-19 di Sumbar sudah 24.599 orang.

Jasman merinci dari jumlah kasus positif Covid-19 di Sumbar itu, sebanyak 288 orang dirawat di berbagai rumah sakit, isolasi atau karantina di fasilitas provinsi 13 orang, karantina di kabupaten/kota 108 orang, meninggal dunia 555 orang dan sudah sembuh sebanyak 22.635 orang.

"Penanganan pasien yang masih positif saat ini lebih banyak isolasi mandiri. Yakni 1.000 orang," kata Jasman.

Seribu orang yang ditangani dengan isolasi mandiri itu tersebar di seluruh kabupaten kota di Sumbar. Isolasi mandiri merupakan isolasi pasien Covid-19 di rumah masing-masing dengan pengawasan dari dinas kesehatan dan Puskesmas setempat.

Jasman mengatakan kemarin, Selasa (12/1) penambahan kasus positif Covid-19 di Sumbar sebanyak 111 orang. Hasil ini didapat setelah pemeriksaan sampel swab sebanyak 4.439 sampel oleh Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso.

Sebanyak 111 orang positif baru itu berasal dari Kota Bukittinggi 6 orang, Kota Padang 23 orang, Kota Padang Panjang 3 orang, Kota Payakumbuh 7 orang, Kota Sawahlunto 3 orang, Kota Solok 2 orang, Kabupaten Agam 19 orang, Kabupaten Limapuluh Kota 3 orang, Kabupaten Padang Pariaman 5 orang, Kabupaten Pasaman 2 orang, Kabupaten Pasaman Barat 4 orang, Kabupaten Pesisir Selatan 21 orang, Kabupaten Sijunjung 1 orang, Kabupaten Solok 2 orang, Kabupaten Solok Selatan 2 orang, dan Kabupaten Tanah Datar 8 orang.

Juga berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab di lab kemarin, juga ada konfirmasi sebanyak 107 orang warga Sumbar berhasil sembuh dari covid. Yaitu dari Kota Bukittinggi 4 orang, Kota Padang 54 orang, Kota Padang Panjang 2 orang, Kota Pariaman 2 orang, Kota Solok 3 orang, Kabupaten Agam 6 orang, Kabupaten Padang Pariaman 7 orang, Kabupaten Pasaman 1 orang, Kabupaten Pesisir Selatan 6 orang, Kabupaten Sijunjung 1 orang, Kabupaten Solok 15 orang, Kabupaten Solok Selatan 2 orang, dan Kabupaten Tanah Datar 4 orang.

"Kemarin juga ada 6 orang warga Sumbar meninggal terpapar covid. Masing-masing satu orang dari Dharmasraya, Tanah Datar dan Agam. Tiga orang lagi dari Pasaman Barat," ucap Jasman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement