Monday, 12 Jumadil Akhir 1442 / 25 January 2021

Monday, 12 Jumadil Akhir 1442 / 25 January 2021

Aceh Menggalakkan Gencar untuk Atasi Covid-19

Rabu 21 Oct 2020 12:46 WIB

Red: Gita Amanda

Ilustrasi Covid-19

Ilustrasi Covid-19

Foto: Pixabay
Gencar mencakup upaya pelacakan kasus hingga penyuluhan corona oleh tenaga kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, ACEH BESAR -- Pemerintah Provinsi Aceh menggalakkan Gerakan Nakes Aceh Cegah Covid-19 (Gencar) untuk mengatasi penularan virus coronatipe baru SARS-CoV-2.

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Aceh Taqwallah mengatakan bahwa Gencar mencakup upaya pelacakan kasus oleh tenaga kesehatan, pendeteksian dan pemantauankasus, karantina pasien, penyaluran bantuan bagi pasien, dan penyuluhan mengenai protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Mari kita sukseskan gerakan ini, sebagai bagian dari upaya kita bersama untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Aceh. Kita harus bahu membahu, bekerja sama, dan saling berbagi peran," katanya di Banda Aceh, Rabu (21/10).

Taqwallah mengatakan bahwa tenaga kesehatan bertugas menemukan kasus penularan Covid-19 dan memantau warga yang mengalami gejala serangan virus corona, memberikan konsultasi kepada warga yang mengalami gejala sakit, dan melakukan pelacakan riwayat kontak erat pasien.

"Masyarakat dapat berperan serta dengan melaporkan diri kepada petugas kesehatan jika mengalami demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, sesak nafas, hilang penciuman, dan ISPA berat,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pemimpin dan petugas kesehatan puskesmas, para bidan, pejabat gampong, dan ibu rumah tangga berperan penting dalam pelaksanaan dan keberhasilan Gencar.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA