Kamis 01 Oct 2020 05:41 WIB

Banda Aceh Masuk Finalis Kota Paling Dicintai Warganya

Banda Aceh jadi 3 terbaik dari 18 kota/kabupaten di Indonesia terpilih.

Warga mengunjungi objek wisata religi Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh. Organisasi non-pemerintah World Wide Fund for Nature (WWF) menetapkan Kota Banda Aceh terpilih sebagai salah satu finalis dalam kampanye
Foto: ANTARA/Ampelsa
Warga mengunjungi objek wisata religi Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh. Organisasi non-pemerintah World Wide Fund for Nature (WWF) menetapkan Kota Banda Aceh terpilih sebagai salah satu finalis dalam kampanye

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Organisasi non-pemerintah World Wide Fund for Nature (WWF) menetapkan Kota Banda Aceh terpilih sebagai salah satu finalis dalam kampanye "We Love Cities 2020" pada ajang Most Loveble Cities atau kota yang paling dicintai warganya.

"Alhamdulillah, data diisi dinilai sangat lengkap oleh reviewer (peninjau) WWF international, dan Banda Aceh menjadi 3 terbaik dari 18 kota/kabupaten di Indonesia terpilih, memenuhi standar WWF dari total 514 kabupaten/kota se-Indonesia yang mengikuti program ini," ungkap Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Banda Aceh, Rabu (30/9).

Baca Juga

Wali kota mengatakan, fenomenalnya lagi Banda Aceh tahun ini berhasil mengalahkan Kota Bogor. Sebelumnya dalam tiga periode secara berturut-turut masuk dalam tiga kota terbaik.

Ia mengaku, tahun ini tiga kota terbaik di Indonesia yang diumumkan Juni lalu oleh WWF international, yakni Jakarta, Balikpapan, dan Banda Aceh. "Dan tiga kota tersebut, berhak mengikuti ajang kampanye international 'We Love Cities'," tuturnya.

Banda Aceh, lanjut dia, juga termasuk dalam 58 kota yang turut diperlombakan dari 225 kota/kabupaten seluruh dunia dengan program itu diikuti oleh 27 negara. Ia mengatakan, kampanye "We Love Cities 2020" dilakukan bersifat daring akibat kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum mereda, dan waktu kampanye menjadi dibatasi mulai 14 September hingga 11 Oktober 2020.

"Tentunya ini menjadi sebuah prestasi bagi Banda Aceh di mata international dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan yang tanggap perubahan iklim, konsisten menurunkan gas emisi rumah kaca, serta tangguh dalam bencana," ujarnya.

Ia mengajak agar seluruh warga kota mendukung program ini dengan cara vote sebanyak-banyaknya, dan dapat diulang setiap hari untuk mendapatkan suara terbanyak dari kota-kota lain. "Caranya, klik link https://welovecities.org/IN/banda-aceh/ dan pilih menu 'Dukung Sekarang'. Warga juga bisa menyampaikan saran, masukan, usul hingga kritikan di kolom yang disediakan," jelas Aminullah seraya meminta tambahan hastag #welovebandaaceh.

Pihaknya mengharapkan kepada warga kota untuk menyumbangkan saran, ide, dan gagasan untuk pembangunan Kota Banda Aceh. "Ini sangat kami harapkan dari warga melalui vote tersebut mulai hari ini hingga 11 Oktober 2020 nanti," terang Wali Kota Aminullah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement