Sabtu 26 Sep 2020 09:30 WIB

Gubernur: Daya Tampung RS di Sumbar Cukup untuk Covid-19

Tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 mencapai 39,3 persen.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.
Foto: Republika/Febrian Fachri
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Daya tampung rumah sakit di Sumatra Barat masih memadai untuk menampung pasien positif Covid-19, meski jumlah pasien terus meningkat setiap hari. Demikian ditegaskan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

"Kita siapkan sekitar 800 tempat tidur untuk menangani pasien positif Covid-19. Sekarang secara matematis tingkat keterisian sekitar 39,3 persen," katanya di Padang, Sabtu.

Baca Juga

Ia menyebut jumlah tempat tidur yang disiapkan itu berasal dari seluruh rumah sakit di Sumbar, baik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), RS swasta, maupun RS rujukan Covid-19.

Khusus untuk RSUP M. Djamil Padang yang merupakan RS rujukan Covid-19, saat ini diarahkan hanya menerima pasien dengan gejala berat. Pasien dengan gejala sedang diarahkan pada RS rujukan Covid-19 lainnya, seperti RS Rasyidin Padang dan RS Unand, serta RS lain yang memiliki fasilitas mencukupi, termasuk RS swasta.

Pasien dengan gejala ringan bisa di RSUD di masing-masing daerah, sedangkan positif tanpa gejala melakukan isolasi mandiri atau di fasilitas yang disiapkan pemerintah. "Kendala itu untuk pasien dengan gejala berat karena butuh ventilator. Alat itu jumlahnya saat ini terbatas. Kita tengah berupaya menambah dengan bantuan dari pusat," ujarnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar menginformasikan hingga Jumat (25/9) total warga Sumbar yang terpapar Covid-19 sebanyak 5.358 orang. Angka itu akumulasi dari kasus pertama yang ditemukan di Bukittingi pada Maret 2020.

Pasien yang saat ini masih dinyatakan positif berjumlah 2.532 orang dengan rincian dirawat di berbagai RS 315 orang, isolasi mandiri 1.978, isolasi daerah 132, isolasi BPSDM 46, dan isolasi PPSDM 61 orang.

Sebanyak 2.722 orang telah dinyatakan sembuh dan tidak lagi positif Covid-19 dan 104 orang meninggal dunia. Meski secara kapasitas RS masih memadai untuk menampung pasien Covid-19, Gubernur Irwan mengimbau masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan supaya penyebaran virus corona jenis baru itu bisa melandai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement