Rabu 03 Jun 2020 16:25 WIB

Pemkot Batam Ajukan Pembukaan Objek Wisata Nongsa

Pemkot Batam menilai wisata Nongsa relatif mudah diisolasi dibanding daerah lain

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Sejumlah yacht berada di Nongsa, Batam (ilustrasi). Pemkot Batam menilai wisata Nongsa relatif mudah diisolasi dibanding daerah lain.
Foto: M N Kanwa/antara
Sejumlah yacht berada di Nongsa, Batam (ilustrasi). Pemkot Batam menilai wisata Nongsa relatif mudah diisolasi dibanding daerah lain.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mengajukan kawasan wisata Nongsa untuk segera dibuka sebagai persiapan tatanan pola hidup baru. Kawasan wisata Nongsa merupakan tujuan favorit wisatawan mancanegara.

"Batam ingin mengajukan Nongsa, satu kecamatan daerah pariwisata dalam new normal," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi dalam webinar bersama Kadin Batam, Rabu.

Baca Juga

Menurut dia, kawasan wisata Nongsa relatif mudah diisolasi dibanding daerah lain karena lokasinya geografisnya mendukung. Rudi juga merancang Kecamatan Nongsa menjadi jalur hijau, karena jumlah warga yang terpapar virus corona relatif lebih sedikit dibanding kecamatan di pulau utama lainnya.

"Nongsa saya anggap hijau. Biar bisa menjadi contoh," kata dia.

 

Dengan Nongsa menjadi kawasan hijau Covid-19 dan kawasan wisatanya dibuka, maka diharapkan dapat memotivasi warga dari kecamatan lain untuk berbenah, menjalankan protokol kesehatan demi memutus penularan virus itu. "Biar jadi motivasi. Ada lho yang bisa dibuka, jalur pariwisata dan ekonominya sehingga nanti satu per satu kecamatan lainnya bisa dibuka," ujar dia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata menyatakan pihaknya masih mempersiapkan pembukaan kawasan wisata Nongsa menuju new normal. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, kata dia, sudah mengumpulkan pelaku pariwisata di Nongsa seperti resor, padang golf, hotel, dan pelabuhan.

"Intinya mereka menyambut baik dan akan menerapkan protokol kesehatan," terang Ardi.

Menurut dia, selain Nongsa, pihaknya belum akan mengajukan destinasi pariwisata lain untuk dibuka. "Nongsa dulu," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement