Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Sultan Deli Shalat Id Bersama Ribuan Warga Medan

Ahad 24 May 2020 12:10 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Petugas menyiapkan bilik semprot disinfektan dan fasilitas cuci tangan untuk para jamaah melaksanakan salat Idul Fitri (Id) di Masjid Raya Al Mashun Medan, Sumatera Utara.

Petugas menyiapkan bilik semprot disinfektan dan fasilitas cuci tangan untuk para jamaah melaksanakan salat Idul Fitri (Id) di Masjid Raya Al Mashun Medan, Sumatera Utara.

Foto: ANTARA/septianda perdana
Petugas memeriksa suhu tubuh warga yang hendak menunaikan shalat Id.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pemangku Kesultanan Deli Tengku Hamdy Osman Deli Khan, yang bergelar Tengku Raja Muda Deli, melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 Hijriah bersama ribuan warga Muslim di Masjid Raya Al Mashun, Kota Medan, Sumatra Utara, Ahad (24/5) pagi. Tengku Hamdy Osman bersama rombongan, termasuk pengawal berbusana khas Melayu Deli yang memayunginya, tiba di halaman masjid yang dibangun tahun 1909 itu sekitar pukul 08.00 WIB.

Beberapa menit setelah dia tiba, shalat Id dimulai. Sultan Delipun shalat bersama dengan ribuan warga Muslim yang memadati ruangan dalam dan halaman masjid dengan campuran gaya arsitektur Timur Tengah, India, dan Spanyol tersebut. Pengurus masjid berupaya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 di masjid tersebut.

Petugas memeriksa suhu tubuh warga yang hendak menunaikan shalat Id untuk memastikan tidak ada warga yang sakit yang menunaikan ibadah di masjid tersebut. Petugas juga meminta setiap warga yang hendak menunaikan shalat Id masuk ke bilik disinfeksi dan mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan.

Baca Juga

Usai shalat, Datuk Empat Suku Kesultanan Deli Datuk Adil Fredy Haberham menjelaskan tradisi pelaksanaan Shalat Id di Masjid Raya Medan. "Sebelum shalat Idul Fitri, kita menunggu kedatangan sultan atau pemangku, setelah datang, mengumandangkan takbir, kemudian masuk ke dalam dan dimulai. Ini sudah dilaksanakan selama bertahun-tahun, sudah tradisi seperti itu. Alhamdulillah masa Covid-19 ini pun kita masih dapat melaksanakan dengan keprotokolan kesehatan," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA