Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Wisatawan Asing Ikut Meriahkan HUT RI di Gorontalo

Kamis 18 Aug 2022 01:42 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Sejumlah wisatawan asing turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Desa Timuato, Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo, Rabu (17/8/2022).

Sejumlah wisatawan asing turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Desa Timuato, Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo, Rabu (17/8/2022).

Foto: ANTARA/Debby Mano
Para wisatawan asing berbaur dengan warga lokal mengikuti berbagai lomba HUT RI.

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Sejumlah wisatawan asing turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Desa Timuato, Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo, Rabu (17/8/2022). Wisatawan dari sejumlah negara seperti Belanda, Perancis, Swiss tampak antusias mengikuti permainan balap karung, makan kerupuk, hingga sepak bola dangdut.

Para wisatawan berbaur dengan warga Timuato, yang juga mengikuti permainan tersebut. "Saya menikmati permainannya, bahkan tim kami menang dua kali dalam permainan sepak bola dangdut," kata Pietertje Sumiatin, wisatawan dari Belanda.

Baca Juga

Dia juga mengaku senang dan terhibur bisa menyaksikan permainan yang dilakukan anak-anak Timuato. Dengan berbekal penjelasan aturan main dari para pemandu wisata, para wisatawan ikut berkompetisi dengan lawan main dari warga lokal maupun sesama wisatawan.

Para wisatawan tersebut merupakan tamu di Harry Mimin Homestay, salah satu penyedia jasa wisata di Gorontalo. "Kami ingin mengenalkan permainan-permainan tradisional Indonesia, yang biasa dilakukan pada hari memperingati kemerdekaan. Mereka sangat menyukainya," kata pemilik Harry Mimin Homestay, Mukmin Badu.

Selain itu, sebagai penyedia jasa ia ingin wisatawan memiliki pengalaman yang seru dan belajar tentang tradisi masyarakat setempat. Provinsi Gorontalo merupakan salah satu tujuan wisatawan mancanegara karena kekayaan alamnya, serta sebagai tempat transit wisatawan dari dan menuju Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah.

 

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA