Sabtu 27 Mar 2021 08:05 WIB

Basarnas Evakuasi Warga Korban Banjir Gorontalo

Para ibu, lansia, dan anak menangis karena kondisi mereka basah dan terjebak banjir.

Basarnas Evakuasi Warga Korban Banjir Gorontalo. Banjir di Gorontalo.
Foto: Antara/Adiwinata Solihin
Basarnas Evakuasi Warga Korban Banjir Gorontalo. Banjir di Gorontalo.

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Basarnas Gorontalo menggunakan perahu karet untuk mengevakuasi warga di wilayah yang terendam banjir di Desa Milango, Kecamatan Tomilito, Gorontalo Utara.

Komandan Pos SAR Gorontalo Utara Rezky Hasan mengatakan hingga pukul 22.00 Wita, Jumat (26/3), banjir di desa tersebut mulai surut. Evakuasi tetap perlu dilakukan mengingat banyak warga terjebak air sehingga kondisinya basah.

Baca Juga

Mereka terendam banjir sejak pukul 17.00 Wita dengan kebanyakan dalam kondisi kedinginan, kehausan, dan kelaparan. Ia menyebut puluhan warga dievakuasi dari Masjid Al Munir, kompleks Kantor Desa Milango di Dusun Milango Bawah.

"Para ibu, lanjut usia (lansia), dan anak-anak menangis karena ketakutan dengan ketinggian banjir yang lebih dari satu meter, sementara mereka sulit mengevakuasi diri," kata dia.

Evakuasi menggunakan satu perahu karet milik Pos SAR Gorontalo Utaraserta peralatan penunjang lainnya. Ia menerjunkan delapan personel dibantu aparat TNI dan Polri setempat.

Kapolres AKBP Dicky Irawan Kesuma mengatakan 18 desa terdampak banjir, yakni Kecamatan Anggrek meliputi Desa Tolongio, Popalo, Ilodulanga, Hiyalo Oyile, Mootilango, dan Tolango, Kecamatan Gentuma meliputi Desa Ipilo, Imana, Molonggota, dan Durian. Selain itu, Desa Molingkapoto, Kecamatan Kwandang, serta Desa Mebongo dan Bulontio di Kecamatan Sumalata.

Di Kecamatan Tomilito meliputi Desa Milango, Leyao, Bubode, Huidu Melito, Bulango Raya, dan Jembatan Merah. Dicky telah mengerahkan personel ke seluruh lokasi banjir untuk membantu warga terdampak bencana tersebut. Ia juga berkoordinasi dengan Balai Jalan untuk menyingkirkan material longsor yang menutupi sebagian ruas jalan lintas Sulawesi di Desa Dambalo, Kecamatan Tomilito.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement