Selasa 20 Oct 2020 22:43 WIB

Sembilan Ton Rumput Laut Disalurkan di Mamuju

Rumput laut di Sulbar memiliki total produksi mencapai 40 ribu ton pertahun.

Sembilan Ton Rumput Laut Disalurkan di Mamuju (ilustrasi).
Foto: Antara/Akbar Tado
Sembilan Ton Rumput Laut Disalurkan di Mamuju (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MAMUJU -- Sebanyak sembilan ton bibit rumput laut disalurkan ke Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Bantuan delapan ton bibit rumput laut di Mamuju disalurkan kepada 18 kelompok nelayan yang ada di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju," kata anggota DPR-RI Sulbar Suhardi Duka di Mamuju, Selasa (20/10).

Ia mengatakan, dari bantuan tersebut setiap kelompok akan mendapatkan bantuan bibit rumput laut sekitar 450 - 500 kilogram. Menurut dia, selain memberikan bantuan bibit rumput laut juga disalurkan bantuan benih ikan dan udang untuk nelayan di Mamuju.

Suhardi Duka yang juga mantan bupati Kabupaten Mamuju dua periode berharap bantuan ini dapat manfaatkan dengan baik di tengah sulitnya ekonomi masyarakat akibat wabah virus corona.

Kepala balai perikanan air payau Takalar Kementrian Perikanan dan Kelautan Sukipto yang menyerahkan bantuan sektor perikanan mengatakan, bantuan benih rumput laut tersebut merupakan salah satu program dari KKP dalam rangka memulihkan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Ia berharap ada peningkatan produksi rumput laut perikanan lainnya dengan bantuan tersebut. Mamuju yang memiliki luas wilayah 801.406 hektare merupakan daerah yang sentra produksi rumput laut Sulbar.

Rumput laut di Sulbar memiliki total produksi mencapai 40 ribu ton pertahun dan rumput laut Mamuju memiliki tingkat produksi mencapai 25 ribu ton pertahun.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement