Selasa 02 Aug 2022 14:54 WIB

Pemkot Jayapura Imbau Warga Hemat Air Selama Musim Kemarau

BPBD Jayapura minta masyarakat bijak gunakan air saat musim kemarau

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Kolam yang kekeringan di musim kemarau (ilustrasi). BPBD Jayapura minta masyarakat bijak gunakan air saat musim kemarau.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Kolam yang kekeringan di musim kemarau (ilustrasi). BPBD Jayapura minta masyarakat bijak gunakan air saat musim kemarau.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Provinsi Papua mengimbau masyarakat setempat untuk menghemat air bersih selama musim kemarau tahun ini. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid mengatakan saat puncak kemarau debit air berkurang.

Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum setempat terkait kebutuhan air bersih untuk warga. "Kami anjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan air sebaik mungkin dan kalau bisa dibuat bak penampungan," katanya di Jayapura, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga

Ia mengaku pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Jayapura untuk mengantisipasi kebakaran hutan yang sering terjadi saat musim kemarau. "Harus ada pengawasan terhadap hutan, terutama di daerah hulu supaya jangan ada yang menebang pohon. Harapannya pasokan air tetap terjaga," ujarnya.

Selain itu, tim pemadaman kebakaran di wilayah itu juga telah menyiapkan kendaraan dan peralatan untuk kesiapsiagaan kebakaran permukiman warga maupun hutan. Asep menambahkan BPBD Kota Jayapura telah membentuk tim reaksi cepat gabungan dari relawan yang bertugas memantau situasi yang terjadi di wilayah sekitar.

"Anggota kami tersebar di lima distrik di Kota Jayapura. Jika ada bencana, mereka cepat tanggap memberikan informasi kepada kami agar secepatnya diatasi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement