Kamis 28 Jul 2022 12:44 WIB

Lokasi UMKM Go Online di Papua Ditambah

Penambahan lokasi ini untuk memaksimalkan potensi lain dari Papua.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Seorang pembeli (kanan) melakukan transaksi digital saat pameran produksi lokal di Mal Jayapura, Papua. ilustrasi
Foto: ANTARA/Indrayadi TH
Seorang pembeli (kanan) melakukan transaksi digital saat pameran produksi lokal di Mal Jayapura, Papua. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menambah lokasi UMKM Go Online di Papua Barat. Hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan potensi lain agar Papua tidak hanya dikenal dengan destinasi wisata Raja Ampat saja. 

“Ini dilakukan untuk segera go online agar UMKM dapat bebenah diri dan bersiap menghadapi era revolusi industri 4.0,” kata Direktur Ekonomi Digital Kementerian Kominfo I Nyoman Adhiarna dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (28/7/2022). 

Baca Juga

Pada tahun ketiga pelaksanaan program tersebut, UMKM Go Online menambah lokasi baru di Papua, Papua Barat, dan Maluku Utara. Dengan lokasi basecamp fasilitator berada di Manokwari, workshop digelar di Kota Sorong untuk memberikan semangat sekaligus pengetahuan dasar yang dapat memacu para pelaku usaha khususnya UMKM produsen sektor pengolahan untuk menyempurnakan produk dan menjualnya lintas daerah.

“Dengan mengadopsi berbagai teknologi digital, UMKM mampu meningkatkan laba dengan cara memperluas pemasaran dan mempermudah proses bisnisnya,” ujat Adhiarna. 

 

KadiskopUKM Sorong Yance Jitmau menyampaikan rasa terimakasih karena melihat berbagai potensi produk-produk hasil olahan para UMKM di Kota Sorong yang mampu menembus pasar yang lebih luas. Untuk itu, Yance meminta para UKM tidak menyia-nyiakan kesempatan mengikuti kegiatan pendampingan UMKM Go Online Scale-up yang digelar oleh Direktorat Ekonomi Digital.

Untuk menjawab berbagai permasalahan mendasar bagi pelaku usaha untuk terjun ke dunia digital,  workshop menghadirkan M Riva Yozi Pratama dari Shopee Indonesia serta Putra Rizqi Agung Usman, Head of Shipper Academy. Keduanya memberikan berbagai tips dan trik berjualan online bagi pemula agar bisa bersaing dengan yang sudah lebih dahulu.

Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Deputi Kewirausahaan Kemenkop UKM, Irwansyah Putra menegaskan akan terus menghubungkan UMKM dari hulu hingga hilir. Khususnya mulai dari akses pembiayaan, kurasi, kemasan, logistik hingga pemasaran.

“Workshop kali ini adalah salah satu bentuk sinergi antarlembaga untuk mendampingi para UMKM khususnya di Kota Sorong agar produk-produk UMKM Sorong mampu bersaing dengan produk dari daerah lainnya,” jelas Irwasnsyah. 

Workshop dihadiri oleh para pengusaha muda yang sedang merintis usaha dan pengusaha besar yang sudah menghasilkan produk-produk olahan namun masih belum dapat memanfaatkan kemudahan dan benefit yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi digital. UMKM Go Online mendampingi UMKM langkah demi langkah menggunakan aplikasi-apliaksi digital untuk membantu proses bisnis. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement