Kamis 19 May 2022 08:35 WIB

Warga Temukan Benda Diduga Bom Perang Dunia Kedua di Sorong

Bom ditemukan di pembuangan air di samping rumah warga.

Bom (Ilustrasi)
Bom (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- Warga Jalan Menur Kampung Worot Kelurahan Kofkerbu, Kota Sorong, Papua Barat, menemukan bom bekas perang dunia kedua yang belum meledak. Bom ini ditemukan pada Rabu (18/5/2022) malam pukul 20.15 WIT.

Bom bekas perang dunia kedua tersebut ditemukan oleh seorang warga bernama Yuliana Wanma saat melakukan pengerukan pembuangan air di samping rumahnya. Dia langsung melaporkan temuan itu kepada Polres Sorong Kota.

Baca Juga

Kabag Ops Polres Sorong Kota Kompol M. Nur Makmur mengatakan, setelah menerima laporan warga, pihaknya langsung memerintahkan personel untuk turun ke TKP. Tim kemudian memasang garis polisi terhadap bom bekas perang dunia kedua itu.

Menurut Kabag Ops, awalnya warga setempat tidak mengetahui benda tersebut karena penasaran dengan temuan benda tersebut warga kemudian mencari informasi di YouTube dan kaget ternyata benda itu adalah bom bekas perang dunia kedua.

 

"Kemudian warga langsung melaporkan temuan itu kepada pihak kepolisian Polres Sorong Kota dengan menelepon ke sentral layanan 110 untuk ditindaklanjuti," ujarnya.

Kabag Ops Polres Sorong Kota langsung berkoordinasi dengan Subden 2 Den Gegana Sat Brimob Polda Papua untuk mengevakuasi bom peninggalan perang dunia kedua tersebut dari kawasan pemukiman warga. Tim Penjinak Bom Subden 2 Den Gegana Satuan Brimob Polda Papua Barat yang di pimpin Ipda Jamaluddin langsung mendatangi TKP dengan peralatan standar evakuasi bom untuk melakukan evakuasi.

Hasil identifikasi Tim Gegana jenis benda tersebut adalah UXO Bom militer Panjang 27 cm, diameter depan 4,9 mm, diameter badan 7,5 mm, diameter belakang 6,9 mm. Bom tersebut sudah diamankan ke tempat yang aman.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement