Senin 13 Sep 2021 21:04 WIB

Polda Papua: KKB Bakar SD, Puskesmas dan Pasar Kiwirok

Polisi mengatakan KKB membakar SD, Puskesmas dan Pasar Kiwirok di Pegunungan Bintang.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Bayu Hermawan
Polda Papua sebut KKB Bakar SD, Puskesmas dan Pasar Kiwirok di Pegunungan Bintang
Foto: Polda Papua
Polda Papua sebut KKB Bakar SD, Puskesmas dan Pasar Kiwirok di Pegunungan Bintang

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Polda Papua mengatakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) melakukan aksi pembakaran terhadap kantor kas Bank Papua, Pasar dan Puskesmas Kiwirok, serta bangunan Sekolah Dasar (SD) Inpres Kiwirok di Pegunungan Bintang, Papua, pada Senin (13/9) waktu setempat. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Pada hari Senin tanggal 13 September 2021, pukul 09.30 WIT bertempat di Bandara Kiwirok, telah terjadi kasus pembakaran Kantor Kas Bank Papua, Pasar Kiwirok, Puskesmas Kiwirok, dan SD Inpres Kiwirok oleh KKB," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mustofa (AM) Kamal, dalam siaran pers resmi yang diterima wartawan di Jakarta, Senin (13/9).

Baca Juga

Kamal menerangkan, kronologi kejadian aksi pembakaran tersebut. Dikatakan dia, aksi pembakaran tersebut, berawal dari pemantauan Pos Pamtas Yonif 403/WP. Dikatakan, ada sembilan orang mencurigakan yang berada sekitar dari 300 meter dari pos tersebut. 

"Melihat hal tersebut, satu regu Satgas Pamtas, melakukan pengamatan dan pengintaian," ujar Kamal.

 

Pada sektiar pukul 08:45 WIT, kata Kamal, sempat terjadi kontak senjata dan tembakan. Aksi tembak-menembak tersebut, berasal dari sekitar kawasan kantor Koramil Kiwirok, dan Polsek Kiwirok. 

"Sehingga personel Tentara Nasional Indonesia (TNI)-Polri, melakukan respons dengan kontak tembak," katanya lagi. 

photo
Polda Papua sebut KKB Bakar SD, Puskesmas dan Pasar Kiwirok di Pegunungan Bintang - (Polda Papua)

Pada sekitar pukul 09:30 WIT, kata Kamal mulai terjadi aksi pembakaran. "Pembakaran tersebut, berturut-turut yang dilakukan (yang diduga) oleh KKB pada kantor kas Bank Papua Kiwirok, Pasar Kiwirok, Puskesmas Kiwirok, dan SD Inpres Kiwirok," kata Kamal. 

Kamal menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam aksi kejadian tersebut. Akan tetapi, bangunan-bangunan fasilitas umum, dipastikan rusak. Kepolisian juga belum dapat memastikan, aksi pembakaran tersebut, dilakukan oleh KKB kelompok mana. 

"Saat ini, penyelidikan, dan penyidikan sedang dilakukan, dengan berkordinasi dengan TNI, untuk melakukan pengejaran terhadap KKB," jelas Kamal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement