Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Pemulihan Kabel Terputus Bawah Laut Papua Selesai Juni

Senin 17 May 2021 16:33 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Dwi Murdaningsih

Kabel Serat Optik (ilustrasi)

Kabel Serat Optik (ilustrasi)

Foto: networkequipment.net
Putusnya kabel serat optik bawah laut mengakibatkan gangguan layanan telekomunikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menargetkan pemulihan kabel serat optik bawah laut yang terputus di utara Jayapura selesai Juni mendatang. Johnny mengatakan, terputusnya kabel serat optik bawah laut itu mengakibatkan gangguan layanan telekomunikasi di wilayah Papua.

"Mudah-mudahan kabel bawah laut serat optik di utara Jayapura tersebut dapat kita selesaikan di Juni mendatang," kata Johnny dalam Halal Bihalal Lebaran Digital Keren secara virtual, Senin (17/5).

Johnny mengatakan, penyambungan kabel yang menghubungkan Indonesia Barat dan Indonesia Timur di bagian Utara Kota Jayapura itu membutuhkan waktu lantaran berada di kedalaman empat ribu meter di bawah permukaan laut.

"Empat ribu meter tekanannya 40 bar, berkaitan kabel bawah laut yang putus itu, di kedalaman itu tidak mungkin dilakuakn secara manual, karena dibutuhkan peralatan khusus untuk angkat dan lakukan penyambungan, kita berharap bisa dilakukan cepat," kata Johnny.

Meski demikian, Johnny memastikan berbagai upaya dilakukan untuk memulihkan transmisi data dari wilayah Indonesia Barat menuju Indonesia Timur. Hal ini agar gangguan layanan telekomunikasi di wilayah Papua segera teratasi.

"Saat ini sedang dilakukan usaha pemulihan transmisi data dari Indonesia barat menuju Indonesia Timur, begitu juga sebaliknya Indonesia Timur ke Indonesia Barat," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA