Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Kabinda Papua Meninggal Saat Baku Tembak dengan KKB

Ahad 25 Apr 2021 19:01 WIB

Red: Ratna Puspita

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono

Foto: Antara/Indrayadi TH
Saat ini, jenazah Brigjen TNI Putu Dani sudah berada di Beoga, Puncak, Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu (IGP) Danny Karya Nugraha meninggal dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Ahad (25/4) sore sekitar pukul 15.50 WIT. Ia diduga meninggal karena tertembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). 

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Ignatius Yogo Triyono, mengatakan, alumnus Akademi Militer pada 1993 itu meninggal dalam kontak tembak dengan kelompok bersenjata sedangkan anggota yang bersama beliau selamat. "Saat ini, jenazah Brigadir Jenderal TNI Putu Dani sudah berada di Beoga, dan Senin (26/4) dijadwalkan dievakuasi ke Timika," kata dia, Ahad malam.

Baca Juga

Berdasarkan data yang diperoleh, kontak tembak terjadi di sekitar Kampung Dambet, dekat sekolah yang dibakar di Beoga. Sekitar pukul 09.20 WIT, Brigjen TNI Putu Dani bersama Kasatgas Elang, Kasatgas Delta, dan dua personel Bantek Elang, dua personel Timsus Elang, dua personel Timsus Delta, serta tiga personel Koramil berangkat ke Kampung Dambet.

Mereka menggunakan sepeda motor. Tujuan mereka untuk melaksanakan observasi lapangan serta menentukan lokasi titik ambush pasukan. 

Saat berada di kampung Dambet, sekitar pukul 15.50 WIT, Brigjen TNI Putu Dani tertembak dan meninggal akibat luka tembak yang dialaminya. Pukul 16.00 WIT, Tim Satgas Elang dan Delta melaksanakan evakuasi ke lokasi kontak dengan berjalan kaki. 

Evakuasi dilakukan setelah anggota dari Beoga ke Dambet yang berjarak sekitar tiga kilometer. Jenazah Brigjen Dani dievakuasi ke Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

"Jenazah tiba di Beoga sekitar pukul 18.30 WIT, " kata Triyono, yang dihubungi melalui Sebelumnya, Kampung Dambet dilaporkan diserang kelompok bersenjata dengan membakar rumah kepala suku dan fasilitas pendidikan.

sumber : Antara, Ali Mansur
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA