Kamis 24 Dec 2020 23:41 WIB

Catatan Perbaikan Dana Otsus Menurut Tokoh Muslim Papua

Dana Otsus Papua dinilai perlu dipertahankan dengan perbaikan

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Dana Otsus Papua dinilai perlu dipertahankan dengan perbaikan, Peta Papua. (Ilustrasi)
Dana Otsus Papua dinilai perlu dipertahankan dengan perbaikan, Peta Papua. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tokoh masyarakat Papua, Thaha Al Hamid, mendukung keberlangsungan dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk Papua. 

Namun, menurut dia, masih ada beberapa persoalan yang harus diperbaiki agar Otsus efektif dan dapat mensejahterakan masyarakat Papua.

Baca Juga

"Kami juga apresiasi negara yang menunjukkan sudah banyak uang ke papua. Tapi mengapa ada rakyat yang menjerit? Karena masih ada beberapa permasalahan," ujar Al Hamid dalam Webinar bertajuk, "Otsus dan Pembangunan di Papua" yang berlangsung pada Kamis (24/12). 

Karena itu, Sekretaris Jenderal Presidium Papua ini berharap kedepannya penyaluran dana Otsus ditransfer langsung ke daerah, sehingga bisa dirasakan langsung masyarakat bawah.  

"Otsus di Papua sebenarnya tidak ada problem, jalan saja. Segera jalan. Tapi ada beberapa perubahan. Sebaiknya dana itu ditransfer langsung ke kabupaten. Karena rakyat banyak di bawah. Jangan banyak disimpan di provinsi," ucapnya.  

Hamid mengakui bahwa perlu juga kritik terhadap internal Papua sendiri dalam mengelola dana Otsus. Karena, menurut dia, pejabat Papua sendiri sepertinya belum siap mengelola uang banyak.   

"Papua sendiri tidak siap. Sehingga ketika lihat uang banyak, pejabatnya malah mau jalan-jalan ke Jawa, dan lain-lain," katanya.   

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement