Kamis 22 Oct 2020 22:25 WIB

1.645 Warga Mimika Sembuh dari Covid-19

Pada Kamis ini tercatat 33 pasien Covid-19 di Mimika yang dinyatakan sembuh.

Alat PCR. Ilustrasi
Foto: Umarul Faruq/ANTARA FOTO
Alat PCR. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Sejak pandemi Covid-19 melanda Kabupaten Mimika, Provinsi Papua pada akhir Maret 2020 hingga saat ini tercatat 1.645 warga di wilayah itu yang dinyatakan sembuh dari penularan virus corona baru itu dari total 2.322 kasus. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra di Timika, Kamis (22/10), mengatakan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Mimika cukup tinggi.

Di sisi lain, katanya, jumlah kasus kematian sampai saat ini yakni 24 orang. "Kita semua berharap semua pasien Covid-19 yang saat ini masih menjalani perawatan di rumah-rumah sakit, ataupun menjalani isolasi di shelter maupun di rumah bisa secepatnya sembuh. Untuk meningkatkan kesembuhan ini tentu membutuhkan dukungan dari semua pihak. Saat ini masih terdapat 653 kasus aktif Covid-19 di Mimika," ujarnya.

Pada Kamis ini tercatat 33 pasien Covid-19 di Mimika yang dinyatakan sembuh.

Pasien sembuh terbanyak berasal dari Distrik Mimika Baru sebanyak 16 orang, Distrik Kuala Kencana enam orang, Distrik Mimika Timur Jauh empat orang, Distrik Wania tiga orang, Distrik Tembagapura tiga orang dan Distrik Iwaka satu orang.

Di sisi lain, katanya, sampai saat ini masih juga terjadi penularan lokal Covid-19 di Mimika.

Pada Kamis ini tercatat 29 kasus baru positif, terbanyak berasal dari Distrik Tembagapura dengan sembilan kasus, diikuti Distrik Mimika Baru dengan tujuh kasus, Pelabuhan Portsite Kampung Amamapare Distrik Mimika Timur Jauh dengan enam kasus, Distrik Kuala Kencana dengan empat kasus dan Distrik Wania dengan tiga kasus.

Bila dibandingkan dengan periode September hingga awal Oktober, temuan kasus baru positif Covid-19 di Mimika sejak pertengahan Oktober cenderung menurun.

"Minggu ini kelihatan mulai menurun, meskipun angka reproduksi efektif kasus di Mimika masih diatas 1 tapi temuan kasus positif jauh lebih rendah dibandingkan dua-tiga pekan sebelumnya," kata Reynold.

Saat ini masih terdapat lima distrik (kecamatan), 16 kelurahan dan dua kampung (desa) di Mimika masuk dalam status zona merah penularan Covid-19.

Sementara dua distrik lainnya, dua kelurahan dan sembilan kampung berstatus zona kuning.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement