Sabtu 04 Jul 2020 11:21 WIB

Ternate, Daerah Terbanyak Kasus Covid-19 di Maluku Utara

Analisis 100 hari kasus Covid-19 Maluku Utara ungkap Ternate paling banyak kasusnya.

Covid-19 (ilustrasi). Kasus Covid-19 di Maluku Utara paling banyak ada di Ternate.
Foto: www.freepik.com
Covid-19 (ilustrasi). Kasus Covid-19 di Maluku Utara paling banyak ada di Ternate.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut) menyatakan, Kota Ternate memiliki persentase tertinggi pasien Covid-19 di provinsi itu. Fakta itu didapat berdasarkan analisis 100 hari kasus pandemi Covid-19, mulai 23 Maret hingga 1 Juli 2020.

"Selama 100 hari penanganan Covid-19, Kota Ternate memiliki pasien positif tertinggi dengan 45 persen, disusul Halmahera Utara 18 persen, Tidore Kepulauan 16 persen, dan Pulau Taliabu 0 persen," kata Jubir Gustu Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf di Ternate, Sabtu.

Baca Juga

Angka kesembuhan tertinggi ditempati Kabupaten Kepulauan Sula dengan 65 persen, Halmahera Tengah 28 persen, dan Pulau Morotai 25 persen. Angka kematian tertinggi ditempati Halmahera Barat dengan 16,7 persen, Tidore Kepulauan 4,4 persen, dan Kota Ternate 3,8 persen.

Rata-rata penemuan kasus positif per hari untuk bulan Maret 2020 adalah 0,03 orang, April 1,33 orang, Mei 3,73, dan Juni 19 orang. Alwia menyebutkan, sesuai hasil analisis dan indikator itu, kasus tertinggi penularan COVID-19 terjadi pada Juni yakni 19 orang per hari.

Alwia menyatakan, membeludaknya pasien positif di wilayah Malut mengakibatkan seluruh fasilitas karantina yang disediakan Pemprov Malut dan Pemkot Ternate telah terisi penuh. Bahkan, seluruh fasilitas yang disediakan pemerintah daerah telah terisi, sehingga pasien positif Covid-19 lainnya harus menjalani isolasi secara mandiri di rumah.

"Kami harapkan puluhan pasien positif saat ini tengah menjalani isolasi mandiri harus patuh, terutama mengikuti protap saat isolasi mandiri dengan menggunakan kamar sendiri, seluruh kebutuhan makan-minum harus tersedia dan dipisahkan dengan keluarga lainnya," kata Alwia.

Pasien positif yang saat ini menjalani isolasi mandiri juga diminta untuk sabar dan tetap mengikuti protap. Mereka diserukan menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga dan berjemur pada pagi hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement