Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Paman Birin Promosikan Magnet Wisata Kalsel ke Menteri Sandiaga Uno

Rabu 18 May 2022 20:27 WIB

Red: Gita Amanda

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor saat memaparkan potensi dan unggulan kepariwisataan Kalsel, saat melakukan audiensi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di Kantor Kemenparekraf Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor saat memaparkan potensi dan unggulan kepariwisataan Kalsel, saat melakukan audiensi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di Kantor Kemenparekraf Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Foto: Pemprov Kalsel
Potensi pariwisata Kalsel khususnya wisata alam sungguh beragam, memiliki keunikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) berkeinginan besar menjadikan pariwisata menjadi sektor andalan mengantikan sektor utama lain. Beragam potensi pariwisata di 13 kabupaten/kota yang selama ini menjadi magnet dicoba  dikemas agar bisa bersaing dengan industri kepariwisataan seperti daerah lain yang lebih maju.

Hal ini disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor saat memaparkan potensi dan unggulan kepariwisataan Kalsel, saat melakukan audiensi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di Kantor Kemenparekraf Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga

 "Potensi pariwisata Kalsel khususnya wisata alam sungguh beragam dan tidak kalah dengan daerah lain, bahkan beberapa di antaranya memiliki keunikan tersendiri. Kalsel sendiri berkeinginan menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan di masa datang," tuturnya.

Terkait hal ini, Paman Birin yang datang bersama Bupati dan Wali Kota se-Kalsel mengatakan, Kalsel telah merancang dan mengagendakan sejumlah event wisata unggulan bekerja sama dengan stakeholder dan masyarakat.

photo
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor saat memaparkan potensi dan unggulan kepariwisataan Kalsel, saat melakukan audiensi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di Kantor Kemenparekraf Jakarta, Rabu (18/5/2022). - (Pemprov Kalsel)

Kalimantan Selatan terus melakukan terobosan besar untuk meningkatkan potensi sumber daya alam terbarukan. "Salah satu potensi sumber daya alam terbarukan dalam upaya peningkatan pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan rakyat adalah membangun sektor pariwisata," terang Paman Birin dalam siaran persnya.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Sandiaga mengapresiasi langkah dan upaya Kalsel dalam memajukan sektor pariwisata.

Pertemuan dengan gubernur dan kepala daerah ini bertujuan untuk menjalin kolaborasi antara Kemenparekraf dengan para kepala daerah di Kalimantan Selatan dalam upaya mengembangkan potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di provinsi yang juga dikenal dengan sebutan “Bumi Lambung Mangkurat” ini.

“Selama ini Kalimantan Selatan dikenal dengan sumber daya alam dan daya tarik wisata yang luar biasa dengan produk ekonomi kreatif yang beraneka ragam. Ini adalah simbol kebangkitan ekonomi nasional,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan pihaknya akan bekerja sam dengan pemerintah daerah Kalimantan Selatan mengembangkan potensi-potensi wisata dan ekonomi kreatif yang ada. Sehingga sektor parekraf di Kalimantan Selatan dapat bangkit dari pandemi Covid-19 dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat Kalimantan Selatan.

“Kepulihan dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalimantan Selatan juga  menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini akan menjadi lokomotif (perekonomian) Kalimantan Selatan selain sumber daya alam yang selama ini telah menjadi lokomotif,” katanya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA