Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Magetan Sediakan Rumah Singgah Bagi Ibu Hamil dan Bayi Baru Lahir

Sabtu 10 Sep 2022 01:38 WIB

Red: Nur Aini

bayi (ilustrasi). emerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur menyediakan fasilitas Tempat Tunggu Kelahiran (TTK) guna memaksimalkan layanan kesehatan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir.

bayi (ilustrasi). emerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur menyediakan fasilitas Tempat Tunggu Kelahiran (TTK) guna memaksimalkan layanan kesehatan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir.

Foto: Antara
Rumah singgah ditarget menekan angka kematian ibu dan bayi di Magetan

REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur menyediakan fasilitas Tempat Tunggu Kelahiran (TTK) guna memaksimalkan layanan kesehatan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir. Sehingga, dapat menekan angka kematian ibu (AKI) dan kematian bayi (AKB) di wilayah setempat.

Subkoordinator Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, dr Elisa Chandrasari mengatakan TTK berlokasi dekat dengan rumah sakit daerah Magetan yang jaraknya hanya sekitar 500 meter, yakni di Jalan Salak Nomor 25 Magetan.

Baca Juga

"TTK adalah fasilitas rumah singgah. Di tempat tersebut juga dilakukan pemantauan kesehatan oleh petugas bidan wilayah asal pasien," ujar Elisa Chandrasari di Magetan, Jumat (9/9/2022).

Menurut dia, fasilitas TTK disediakan untuk memudahkan ketersediaan tempat singgah bagi pasien ibu hamil yang tinggal jauh dari fasilitas layanan kesehatan, utamanya rumah sakit rujukan.

Adapun, TTK digunakan sebagai tempat tinggal sementara ibu hamil dan pendampingnya, yakni keluarga ataupun kader selama beberapa hari sebelum atau sesudah melahirkan.

Selain tempat singgah, di TTK juga disediakan kebutuhan makan dan minum pasien serta keluarganya. Di TTK juga disediakan layanan antar-jemput Ambulans Pukesmas Wilayah.

"TTK bisa digunakan oleh penerima manfaat, yakni ibu hamil, ibu masa nifas, dan bayi baru lahir dengan pendampingnya," kata Elisa.

Guna mengenalkan keberadaan fasilitas TTK, dinas setempat telah memberikan surat resmi ke puskesmas di wilayah Magetan untuk diinformasikan ke masyarakat di wilayah masing-masing hingga ke tingkat RT/RW bahkan di lingkup dasa wisma. Selain itu, sosialisasi juga dilakukan melalui medsos.

"Belajar dari pengalaman saat kondisi pandemi, TTK juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat isolasi terpusat (isoter) untuk ibu hamil yang positif Covid-19 tanpa gejala dan yang tidak memungkinkan untuk isoman di rumahnya," kata dia.

Sisi lain, keberadaan TTK dapat menolong dan mempermudah pasien yang berasal jauh dari fasilitas layanan kesehatan. Misalnya ibu melahirkan yang sudah diperbolehkan pulang tapi bayinya masih perlu perawatan di rumah sakit, sedangkan rumah ibu jauh di pedesaan.

"Kalau sudah ada tempat tunggu kelahiran, pasien dari jauh, misalnya dari Kecamatan Lembeyan atau Poncol, atau tempat lain, mereka tidak perlu pulang dulu. Bisa menggunakan fasilitas ini," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA