Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Pelari yang Sempat Hilang di Gunung Arjuno Jalani Pemulihan di RS

Rabu 06 Jul 2022 11:37 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Nur Aini

Pelari lintas alam yang hilang di Gunung Arjuno berhasil ditemukan dalam keadaan selamat, Selasa (5/7/2022) malam.

Pelari lintas alam yang hilang di Gunung Arjuno berhasil ditemukan dalam keadaan selamat, Selasa (5/7/2022) malam.

Foto: Dok. Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo
Pelari yang hilang di Gunung Arjuno ditemukan pada Selasa (5/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pelari lintas alam Mantra Summits Challenge 2022, Yurbianto Basri yang hilang di kawasan Gunung Arjuno, Jawa Timur (Jatim) telah ditemukan dalam kondisi selamat. Pria asal Jakarta Utara tersebut ditemukan pada Selasa (5/7/2022) sekitar pukul 21.00 WIB.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat mengatakan, korban ditemukan di Curah Sriti, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. "Lebih tepatnya di area lereng Gunung Arjuno," kata Ferli di Kabupaten Malang, Rabu (6/7/2022).

Baca Juga

Setelah mendapat informasi penemuan korban, tim evakuasi langsung menjemput korban di Budug Asu, Dusun Sumbul, Desa Klampok, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Bantuan ini ditunjukkan agar penyintas dapat segera mendapatkan pertolongan. Setelah sekitar empat jam perjalanan dari Curah Sriti, penyintas akhirnya sampai di Budug Asu, Rabu (6/7/22) pukul 02.10 WIB.

Selanjutnya, penyintas langsung turun menuju Pos Perbatasan Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB). Sekitar pukul 03.10 WIB, tim bersama penyintas tiba di Pos Perbatasan BBIB. Kemudian dipindahkan ke Ambulance PMI untuk dievakuasi menuju RS Prima Husada Singosari.

Ferli bersyukur penyintas ditemukan dalam keadaan selamat. "Dan saat ini sedang menjalani perawatan dan penanganan oleh pihak medis di RS Prima Husada Singosari," ungkap Ferli.

Sebelumnya, kasus orang hilang kembali terjadi di Jawa Timur (Jatim). Kali ini dialami peserta lari lintas alam Mantra Summit asal Jakarta, Yurbianto yang hilang di kawasan Gunung Arjuno, Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Yurbianto mulai dilaporkan hilang di kawasan Gunung Arjuno pada Ahad (3/7/2022) sekitar pukul 21.00 WIB. Untuk melakukan pencarian tersebut, petugas terbagi atas dua tim guna menyesuaikan titik penyisiran. 

Penyintas seharusnya melapor pada Pos Gombes setelah dari puncak Gunung Arjuno pada Ahad (3/7/2022). Namun hingga pukul 19.00 WIB, yang bersangkutan tidak melakukan pelaporan pada pos tersebut. 

Mantra Summits Challenge 2022 merupakan ajang lomba lari lintas alam yang digelar oleh Malang Trail Runners dengan jalur Gunung Arjuno dan Welirang. Titik start dan finish berada di Kallandra Eco Resort, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA