Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

PT KAI Buka Rute Kereta Barang dari Gresik ke Jakarta

Sabtu 16 Oct 2021 10:43 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

PT KAI mengoperasikan kembali kereta barang dari Stasiun Indro, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur (Jatim) menuju Stasiun Pasoso, Jakarta per Jumat (15/10).

PT KAI mengoperasikan kembali kereta barang dari Stasiun Indro, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur (Jatim) menuju Stasiun Pasoso, Jakarta per Jumat (15/10).

Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Kereta barang dari Stasiun Indro menuju Pasoso Jakarta sempat berhenti beroperasi.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, kembali membuka rute perjalanan kereta barang dari Stasiun Indro, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur (Jatim) menuju Stasiun Pasoso, Jakarta, yang beberapa tahun sempat berhenti beroperasi.

Direktur Niaga PT KAI, Dadan Rudiansyah, mengatakan, pembukaan rute kereta barang sebagai upaya meningkatkan angkutan barang di Jatim. Dia mengatakan, Angkutan Barang Petikemas Relasi Stasiun Indro ke Stasiun Pasoso Jakarta diberi nama Indopriuk Cargo yang diambil dari relasi dan jenis angkutannya.

"Kami informasikan bahwa angkutan barang ini sudah melalui uji coba operasi mulai dari tanggal 11 Oktober 2021 dan akan menempuh perjalanan kurang lebih 797,9 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 14 jam. Rangkaian kereta barang ini sebanyak 30 gerbong datar bermuatan multikomoditas dengan berat 1.200 ton," kata Dadan di Gresik, Jumat (15/10).

Dadan mengatakan, peluncuran angkutan barang merupakan tindak lanjut perjanjian kerja sama angkutan barang antara PT KAI dan PT Damar Alam Selaras (DAS). "Peluncuran sore hari ini merupakan kebangkitan kembali angkutan barang yang pernah beroperasi dengan keberangkatan dari Stasiun Indro," katanya.

Dadan menargetkan, angkutan barang untuk tiga bulan pertama bisa mengangkut 650 teus, dan kemudian meningkat mengangkut 750 teus. "Menimbang bahwa Gresik ini merupakan kota industri yang mempunyai potensi angkutan barang yang bagus, sehingga harapan angkutan ke depannya bisa minimum mencapai 1550 teus per bulan," kata Dadan.

Secara umum sampai Oktober 2021, PT KAI Daop 8 telah menggangkut 1.717.074 ton barang dengan melakukan pengiriman ke Jakarta, Bandung, dan kota besar lainnya. Jenis angkutan barang yang saat ini dilayani PT KAI di antaranya, angkutan BBM, semen, kontainer atau etikemas, dan retail yang dilayani di Stasiun Kalimas, Benteng, Pasarturi, Malang, dan Surabaya Kota.

"Semoga dengan terlaksana dan beroperasinya angkutan barang Indopriuk Cargo dapat memberikan dampak positif bagi para stakeholders, masyakarat, industri, pemerintah setempat dan penyedia jasa logistik lainnya," kata Dadan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA