Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sejumlah Wilayah di Kota Surabaya Terendam Banjir

Sabtu 05 Dec 2020 18:12 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Foto: Antara/Rahmad
Sejumlah wilayah di Surabaya terendam banjir akibat hujan deras sejak Sabtu siang.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sejumlah wilayah di Kota Surabaya, Jawa Timur, terendam banjir akibat hujan deras yang terjadi sejak Sabtu (5/12) siang hingga sore ini.

"Tadi lewat Pandugo hingga Medayu Utara, jalanan mulai tergenang air setinggi lutut. Banyak kendaraan motor roda dua yang mogok di Jalan Pandugo," kata warga Medayu Utara, Rungkut, Zaki.

Tidak hanya itu, lanjut Zaki, di kawasan perkampungan juga terlihat air mulai masuk ke rumah-rumah penduduk. Sejumlah warga kerja bakti membersihkan saluran air yang tersangkut sampah dan warga lainnya menguras air yang masuk ke dalam rumahnya.

"Rumah pompa di sini kayaknya kurang bekerja maksimal sehingga air terus menggenang," ujarnya.

Hal sama juga dikeluhkan warga Wonoayu, Rungkut, Hadi. Ia mengatakan air hujan banyak yang masuk ke rumah warga di Wonoayu.

"Biasanya tidak sampai masuk rumah, tapi hujan hari ini cukup deras sekali. Banyak warga yang panik karena air masuk ke rumahnya," ujarnya.

Informasi yang diperoleh ANTARA, hujan deras merata di semua wilayah Kota Surabaya. Akibatnya banyak juga wilayah yang terendam banjir seperti halnya di Kecamatan Rungkut, Gunung Anyar, Mulyorejo, Sukolilo, Tenggilis Mejoyo dan lainnya.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Teguh Tri Susanto sebelumnya mengatakan BMKG Juanda telah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai petir di sebagian wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur selama tiga hari pada 3-5 Desember 2020.

"Kami minta masyarakat untuk lebih waspada terkait dengan prediksi tersebut," katanya.

Adapun untuk suhu udara di wilayah Kota Surabaya pada Sabtu ini berkisar 25-26 derajat celcius, kelembaban udara 90 persen dan kecepatan 10 kilometer per jam.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA