Jumat 27 Nov 2020 15:09 WIB

Libur Akhir tahun, Daop 8 Operasikan 29 Kereta Jarak Jauh

Pelanggan kereta jarak menengah/ jauh tetap diharuskan dalam kondisi sehat

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Hiru Muhammad
PT KAI Daop 8 Surabaya mengevakuasi rangkaian kereta yang anjlok di Stasiun Malang Kota Lama, Kamis (19/11).
Foto: Humas PTKAI
PT KAI Daop 8 Surabaya mengevakuasi rangkaian kereta yang anjlok di Stasiun Malang Kota Lama, Kamis (19/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 8 Surabaya mengoperasikan 29  kereta api jarak menengah-jauh reguler pada  periode libur natal 2020 dan tahun baru 2021. Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan, untuk stasiun keberangkatan awal dipusatkan pada 3 stasiun kelas besar. Yaitu Stasiun Malang sebanyak 6 kereta, Stasiun Pasar Turi 7 kereta, dan Stasiun Surabaya Gubeng 16 kereta.

"Adapun  tujuan dari 29 kereta jarak menengah/ jauh tersebut ke arah Jakarta 12 kereta, ke arah Bandung 5 kereta, ke arah Jember/ Ketapang 7 kereta, dan masing-masing 1 kereta ke arah Cirebon, Lempuyangan, Semarang, Cilacap, serta Purwokerto," ujar Suprapto di Surabaya, Jumat (27/11).

Suprapto mengingatkan, pelanggan kereta jarak menengah/ jauh tetap diharuskan dalam kondisi sehat guna menghindari penularan Covid-19. Ukurannya, suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. Penhguna kereta juga diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket. Pelanggan juga diharuskan menunjukkan Surat bebas Covid-19 (tes PCR/ rapid test) yang masih berlaku.

"Atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan atau rapid test," kata dia.

Suprapto mengatakan, pihaknya telah membuka layanan pemesanan tiket kereta api jarak menengah/ jauh untuk periode libur natal 2020 dan tahun baru 2021. Masyarakat dapat memesan tiket tersebut melalaui aplikasi KAI Access, situs resmi kai.id, serta kanal penjualan online resmi lainnya.

“Pemesanan tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode liburan natal dan tahun baru secara online, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat,” ujar Suprapto.

Suprapto mengingatkan masyarakat untuk mencanakan perjalanan libur Nataru jauh-jauh hari agar tak kehabisan tiket. Suprapto juga mengajak masyarakat tidak ragu untuk menggunakan angkutan kereta api. Ia menegaskan, setiap perjalanan kereta api yang dioperasikam menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin demi menghindari penularan Covid-19.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement