Kamis 03 Sep 2020 04:28 WIB

Pemkot Malang Siapkan TPU Khusus Covid-19

Ruang gerak petugas yang terbatas membuat pemakaman jenazah pasien Covid-19 terganggu

Rep: wilda Fizriyani/ Red: Hiru Muhammad
Petugas melakukan prosesi pemakaman jenazah Covid-19 di Kota Malang.
Foto: Dok. Pribadi/Sutiono
Petugas melakukan prosesi pemakaman jenazah Covid-19 di Kota Malang.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Pemerintah Kota (Pemkot) Malang telah mempersiapkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk jenazah Covid-19. Sarana ini disediakan di TPU Sukorejo, Jodipan, Blimbing, Kota Malang. 

Kepala Bagian (Kabag) Humas, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, M Nur Widianto mengatakan, kapasitas TPU di Kota Malang sebenarnya masih cukup. Apalagi pemakaman biasanya dilakukan di TPU sesuai domisili jenazah masing-masing. "Problemnya adalah akses ke liang lahat," ucap pria disapa Wiwid, Rabu (2/9).

Berdasarkan laporan diterima, mobil jenazah acap kesulitan memasuki area TPU. Situasi ini akan mempersulit ruang gerak para petugas dalam memakamkan jenazah pasien Covid-19 maupun yang terindikasi. Ditambah lagi, Penerangan Jalan Umum (PJU) kurang memadai untuk membantu proses pemakaman di malam hari.

Melihat faktor-faktor tersebut, maka TPU Sukorejo di Jodipan, Blimbing, Kota Malang disiapkan. Dibandingkan TPU lainnya, Wiwid menilai, akses Sukorejo cukup mendukung berjalanannya proses pemakaman. Tercatat, TPU ini mempunyai luas sekitar 110.674 meter persegi. "Dan sudah (digunakan), cuma berapa persen yang sudah digunakan," ungkapnya.

 

Saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Malang sendiri telah mencapai 1.317 orang, Rabu (2/9). Dari jumlah tersebut, 107 orang meninggal dan 851 orang sembuh. Sementara 359 pasien lainnya masih dalam perawatan dan isolasi mandiri.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement