Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Amrodji Pimpin LDII Jawa Timur

Ahad 30 Aug 2020 10:48 WIB

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com

.

.

Amrodji Pimpin LDII Jawa Timur

jatimnow.com - Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII Jawa Timur memilih Moch Amrodji sebagai ketua dengan masa jabatan 2020-2025.

Sebelum terpilih secara aklamasi, sempat terjadi perdebatan alot, karena munculnya tiga nama, yaitu Amien Adhy Ketua DPW LDII Jawa Timur 2015-2020, Bashori dan Moch. Amrodji.

Dalam muswil yang berlangsung pada Sabtu (29/8/2020) itu, Wakil DPD LDII dari wilayah Mataraman mendukung Bashori yang merupakan pengurus DPD LDII Madiun. Sedangkang wakil DPD LDII wilayah Karesidenan Besuki menjagokan Amien Adhy. Namun disepakati ketua terpilih adalah Amrodji.

"Inilah demokrasi dalam bentuk musyawarah dalam LDII. Bila sepakat dengan Amrodji kami menarik dukungan terhadap Amien Adhy," ujar Sekretaris DPD LDII Kabupaten Jember, Akhmad Malik Afandi.

Akhirnya, perwakilan DPD LDII Madiun juga menyetujui pengangkatan Amrodji sebagai Ketua DPW LDII Jawa Timur untuk masa jabatan 2020-2025.

Usai terpilih secara aklamasi, Amrodji mengajak semua pengurus organisasi, baik di tingkat provinsi (DPW), kabupaten dan kota (DPD) hingga pengurus cabang dan anak cabang untuk melaksanakan amanah.

"Amanah itu berupa melaksanakan fungsi pelayanan, perlindungan dan pengembangan," ujar Amrodji.

Dia menambahkan, seluruh koordinator bidang dan departemen harus memaksimalkan dirinya dalam beramal saleh serta diniati ibadah kepada Allah.

"Maka agar pelayanan DPW LDII lebih maksimal, antara lain memperkuat kesekretariatan, supaya bisa mandiri dan mampu melaksanakan tugas organisasi," terangnya.

Sementara di bidang perlindungan hukum, lanjut Amrodji, fokusnya adalah membuat warga LDII tenang berada di bawah naungan organisasi. Mereka bangga bergabung di bawah naungan LDII dan bisa melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

"Sementara untuk pengembangan, LDII kian bertambah anggotanya dan saya akan melanjutkan kerja para ketua terdahulu," ujarnya.

Dia menyebut bahwa Chriswanto Santoso yang menjabat sebagai Ketua DPW LDII Jawa Timur sejak 1991-2015 telah meletakkan pondasi yang kuat. Sementara Amien Adhy membangun hubungan dengan pemerintah dan ormas Islam lainnya.

"Sehingga LDII terus berkembang," jelasnya.

Dalam pidato penutupan, Pj Ketua Umum DPP LDII Chriswato Santoso mengingatkan agar pengurus DPW LDII Jawa Timur mampu komitmen dan konsisten.

"Tanpa komitmen kita tidak bisa mulai, kalau tidak konsisten susah mengakhiri," ujar Chriswanto.

Menurutnya, komitmen LDII adalah untuk membangun bangsa dan negara, LDII untuk bangsa.

"Dalam wilayah Jawa Timur, tentu DPW LDII Jawa Timur harus kerja keras dengan amanah, insyaAllah bila bekerja dengan amanah yang berarti mengikuti tuntunan Alquran dan Alhadits, maka Allah meridhoi," ujar Chriswanto.

Dalam melaksanakan tugas-tugas, pengurus baru dimintanya tidak khawatir. Sebab menurut Chriswanto, arti dewan pimpinan adalah kepemimpinan kolektif kolegial, yang bekerja berdasarkan kolektivitas dan team building yang bagus.

"Tim yang bagus lahir bila ketuanya mampu melihat kelebihan para anggotanya dan mengabaikan kejelekannya," katanya.

Chriswanto juga mendukung langkah Amrodji yang menyesuaikan program kerja DPW LDII Jawa Timur berupa delapan klaster pengabdian.

"Disesuaikan dengan program kerja pemprov berupa Nawa Bhakti Satya, untuk mewujudkan masyarakat Jawa Timur yang sejahtera," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA