Jumat 17 Jun 2022 16:09 WIB

Dirjen Kebudayaan: Presiden Jerman Terkesan Restorasi Candi Borobudur

Presiden Jerman asyik mendengarkan cerita dari relief-relief di dinding candi.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid
Foto: Republika TV/Muhamad Rifani Wibisono
Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Presiden Jerman HE Frank-Walter Steinmeier sangat terkesan dengan bangunan Candi Borobudur yang direstorasi selama 10 tahun oleh para ahli Indonesia dengan menggunakan teknologi komputer tahun 1973. Hal itu disampaikan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek Hilmar Farid. "Beliau sangat terkesan, candi ini direstorasi selama 10 tahun oleh Indonesia menggunakan teknologi komputer tahun 1973, dengan membongkar seluruh batu kemudian diperkuat strukturnya selanjutnya disusun kembali," katanya di Magelang, Jumat (17/6/2022).

Ia menyampaikan hal tersebut usai mendampingi Presiden Jerman HE Frank-Walter Steinmeier mengunjungi Candi Borobudur. Kunjungan Presiden Jerman ini tertutup bagi awak media.

Baca Juga

Hilmar menjelaskan bahwa setiap batu candi ini ada pasangannya, tidak hanya sekadar menata batu, jadi betul-betul mahakarya. "Beliau sangat menikmati, kami sampaikan bahwa inovasi untuk konservasi terus dilakukan dan tentu menggunakan kekayaan yang ada di masyarakat yaitu tanaman dan beliau cukup mengerti ada gangguan jika menggunakan zat kimia. Beliau sangat mengapresiasi apa yang dilakukan BKB (Balai Konservasi Borobudur)," katanya.

Presiden Jerman berkunjung ke Candi Borobudur melihat secara langsung sampai ke lantai paling atas atau stupa induk. "Beliau sudah beberapa kali datang di Indonesia, tetapi baru pertama kali ke Candi Borobudur," katanya.

Menurut Hilmar secara umum kunjungan berjalan lancar dan baik. Presiden Frank-Walter Steinmeier puas dan sempat dikenalkan dengan sandal baru (upanat) sebagai perlengkapan naik ke atas candi dalam upaya konservasi. "Tetapi karena waktu terbatas jadi tidak sempat membuka sepatu. Jadi beliau hanya membawa pulang sandal tersebut. Tetapi pesannya sudah sampai bahwa sandal salah satu inisiatif untuk menjaga kelestarian candi.

"Presiden Jerman juga asyik mendengarkan cerita dari teman-teman BKB tentang makna dari relief-relief di dinding candi, yakni mengenai perjalanan Buddha Gautama," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement