Senin 16 May 2022 07:52 WIB

KAI Daop 5 Purwokerto Layani 259.826 Ribu Pelanggan KA Lebaran 2022

Selama Lebaran 2022 Daop 5 mengoperasikan total 330 KA Jarak Jauh

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Kadaop 5 Purwokerto Daniel Hutabarat dan Wabup Banyumas melakukan pemeriksaan dresin, Selasa (19/4/2022).
Foto: Dokumen
Kadaop 5 Purwokerto Daniel Hutabarat dan Wabup Banyumas melakukan pemeriksaan dresin, Selasa (19/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO--PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto tercatat melayani 259.826 ribu pelanggan Kereta Api Jarak Jauh selama 22 hari masa Angkutan Lebaran 1443 H/2022 yakni sejak H-10 s.d H+10 atau 22 April s.d 13 Mei 2022.

Jumlah ini mencapai 151 persen jika dibandingkan dengan program yang telah ditetapkan sebanyak 171.943 pelanggan. Jumlah tersebut juga mencapai 71 persen jika dibandingkan dengan total pelanggan pada Angkutan Lebaran sebelum pandemi, yaitu 2019, sebanyak 367.281 pelanggan

Baca Juga

Selama Angkutan Lebaran 2022, KAI Daop 5 mengoperasikan total 330 KA Jarak Jauh atau rata-rata 15 KA per hari dengan ketepatan waktu mencapai 100 persen. 

Puncak arus mudik terjadi pada H-1 atau Minggu (1/5) sebanyak 20.164 pelanggan. Adapun puncak arus balik terjadi pada H+3 atau Jumat (6/5) sebanyak 22.531 pelanggan.

Rute favorit pelanggan yaitu Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Purwokerto pp,  Jakarta - Semarang pp, Jakarta-Bandung pp, Jakarta - Surabaya pp, Bandung - Yogyakarta pp, dan lainnya. 

Pembelian tiket KA pada periode Angkutan Lebaran ini didominasi melalui aplikasi KAI Access sebesar 49 persen, kemudian channel eksternal 38 persen dan lainnya.

“Banyaknya pelanggan pada Angkutan Lebaran 2022 ini merupakan capaian yang luar biasa. Angka tersebut juga sudah mendekati pencapaian volume pelanggan di tahun 2019, sehingga kita mempunyai optimisme untuk mengoptimalkan pelayanan di tahun 2022,” kata Vice President Daerah Operasi 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat, mengutip keterangan Direktur Utama KAI, Sabtu (14/5).

Pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini, KAI Daop 5 tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya.

Untuk membantu pelanggan dalam melengkapi persyaratan naik KA Jarak Jauh, KAI Daop 5 melayani 222 peserta telah mendapat vaksin dan 14.529 peserta melakukan rapid test antigen atau rata-rata 660 pelanggan yang melakukan RT Antigen perharinya.

Program vaksinasi tersebut tak hanya diperuntukkan bagi pelanggan namun juga bagi masyarakat luas sebagai wujud bakti KAI kepada Negeri.

Selama 22 hari masa Angkutan Lebaran ini, seluruh perjalanan kereta api berjalan lancar dan selamat dari stasiun keberangkatan menuju stasiun kedatangan. Namun demikian, KAI konsisten membangun kolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api.

Kedepan, KAI akan terus mengembangkan layanan berupa peningkatan kualitas sarana kereta, fasilitas di stasiun, serta pelayanan kepada para pelanggan baik layanan KA Jarak Jauh dan KA Lokal. Tujuannya agar layanan Kereta Api bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bermobilitas.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada pelanggan KAI atas kepercayaannya menggunakan KA sebagai moda transportasi pilihan untuk mudik/balik Lebaran tahun ini dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat. Tak lupa kepada pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, serta anggota komunitas pecinta KA yang telah mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2022,” kata Daniel. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement