Ahad 08 May 2022 01:53 WIB

Ratusan Penumpang Tujuan Jakarta Sempat Telantar di Terminal Kudus

Penumpang telantar di Terminal Kudus akibat keterlambatan bus datang dari Jakarta

Penumpang membawa barang bawaan usai turun dari bus di Terminal Induk Jati, Kudus, Jawa Tengah (ilustrasi). Penumpang telantar di Terminal Kudus akibat keterlambatan bus datang dari Jakarta
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
Penumpang membawa barang bawaan usai turun dari bus di Terminal Induk Jati, Kudus, Jawa Tengah (ilustrasi). Penumpang telantar di Terminal Kudus akibat keterlambatan bus datang dari Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS— Ratusan penumpang jurusan Jakarta dan sekitarnya telantar di Terminal Induk Jati Kudus, Jawa Tengah, menyusul adanya keterlambatan bus dari Jakarta, Sabtu (7/5/2022).

Akibat keterlambatan kedatangan bus dari Jakarta pada Sabtu (7/5/2022), akhirnya ratusan penumpang tujuan Jakarta dan sekitarnya yang menunggu di Terminal Induk Jati Kudus telantar.

Baca Juga

Haqi, salah satu calon penumpang tujuan Kerawang di Kudus, mengakui menunggu bus sejak pukul 18.00 WIB, namun hingga pukul 23.00 WIB belum juga berangkat.

Informasinya, kata dia, bus yang dari Jakarta masih terjebak macet akibat sistem one wayatau satu arah arus balik Lebaran, sehingga bus dari Jakarta yang mengangkut penumpang tujuan Kudus terpaksa melewati jalur kota.

 

Hanya saja, kata dia, informasi dari pihak agen bus, jalur kota padat kendaraan sehingga perjalanan dari Jakarta ke Kudus yang seharusnya tujuh hingga delapan jam, molor hingga beberapa jam."Padahal, saya balik ke Jakarta lebih awal untuk menghandiri acara pada Minggu (8/5) siang," ujarnya.

Penjual tiket bus jurusan Kudus-Jakarta,Edi, mengakui ada 10-an bus dari satu perusahaan otobus (PO) saja yang datang terlambat akibat terdampak sistem one way.

Sebagian keberangkatan ke Jakarta, kata dia, menggunakan bus yang memang sudah ada di Jepara, sehingga bisa tepat waktu. "Sedangkan yang menggunakan bus dari Jakarta tentu terdampak karena ada yang menunggu sejak sore hari hingga pukul 22.30 WIB," katanya.

Karena masih ada bus yang terjebak kemacetan, maka perusahaan otobus (PO) Bejeu menyiapkan bus cadangan untuk mengangkut penumpang dari Terminal Induk Jati Kudus menuju Weleri Kendal.

"Nantinya, sampai di Weleri akan diangkut dengan bus malam yang dari Jakarta, sehingga mereka tidak perlu menunggu terlalu lama di Terminal Kudus," ujarnya.

Normalnya, kata dia, bus dari Jakarta tiba di Kudus Sabtu (7/5/2022) pukul 03.00 WIB, namun hingga Sabtu (7/5) malam belum juga tiba di Kudus.

Sementara keberangkatan dari Kudus, kata dia, jadwalnya ada yang mulai pukul 19.00 WIB sehingga dijadwalkan Ahad (8/5/2022) pukul 03.00 WIB tiba di Jakarta.     

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement