Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Dinkes: Varian Omicron Sempat Masuk ke Kawasan Solo Raya

Jumat 21 Jan 2022 22:57 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Dinkes menyebut seorang warga Sukoharjo sempat positif Covid-19 varian Omicron.

Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Dinkes menyebut seorang warga Sukoharjo sempat positif Covid-19 varian Omicron.

Foto: Pixabay
Dinkes menyebut seorang warga Sukoharjo sempat positif Covid-19 varian Omicron

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO - Dinas Kesehatan menyatakan, varian terbaru Covid-19 yakni omicron sempat masuk ke kawasan Solo Raya, tepatnya di Kabupaten Sukoharjo pada akhir tahun 2021.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan, seorang warga Kabupaten Sukoharjo diketahui sempat terpapar omicron menyusul keluarnya hasil Whole Genome Sequencing (WGS) belum lama ini.

Baca Juga

Meski demikian, menurut dia, saat ini pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh. "Ini kasus lampau (Desember 2021) tapi hasil WGS-nya baru jadi hari ini. Artinya pasien tersebut saat ini sudah sembuh," katanya, Jumat (21/1/2022).

Terkait munculnya kasus tersebut pihaknya sudah langsung melakukan penelusuran kontak di lingkungan terdekat. Yunia menjelaskan ada dua orang dari anggota keluarga inti yang dites usap tapi hasilnya negatif semuanya. Mengenai riwayat perjalanan pasien terkonfirmasi positif omicron tersebut, ia enggan banyak menjelaskan. Meski demikian, yang bersangkutan dipastikan memiliki riwayat melakukan perjalanan dari daerah terkonfirmasi omicron.

Terkait dengan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo, Dinkes akan menelusuri riwayat perjalanan terakhir yang dilakukan oleh orang tersebut. Menurut Yunia, jika ada riwayat perjalanan dari wilayah berisiko maka akan dilakukan pemeriksaan untuk mengenai CT Value pasien. Ia mengatakan jika CT Value kurang dari 30 maka dilanjutkan dengan mengirimkan sampel WGS.

"Kalau sejauh ini di Sukoharjo baru satu kasus omicron yang kami temukan," terang Yunia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA