Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Gibran: Bansos tak Lagi Difokuskan untuk Covid-19

Sabtu 27 Nov 2021 02:29 WIB

Red: Andri Saubani

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Foto: Dok Pemkot Surakarta
Kebijakan ini diambil menyusul meredanya kasus Covid-19 di Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyatakan sejumlah bantuan sosial (bansos) yang masuk ke Kota Solo tidak lagi difokuskan untuk penanganan Covid-19. Kebijakan ini diambil, menyusul meredanya kasus tersebut.

"Bantuan tidak fokus untuk Covid-19, tetapi juga untuk bencana alam," katanya, usai menerima bantuan sosial dari sebuah yayasan di Solo, Jawa Tengah, Jumat (26/11).

Baca Juga

Ia mengatakan memasuki musim hujan kali ini, Pemerintah Kota Surakarta mulai melakukan mitigasi titik-titik rawan bencana, di antaranya banjir dan tanah longsor. Selain itu, dikatakannya, genangan air juga rawan terjadi, mulai dari pusat kota hingga kawasan pinggiran Solo.

"Bantuan kali ini berupa pembersih lantai buat warga yang kena banjir," katanya.

Mengenai kemungkinan masuknya bantuan sosial untuk masyarakat dari pihak lain, dikatakannya, diserahkan sepenuhnya kepada pihak yang memberikan. "Kalau bantuan yang sudah masuk ke Solo kan sudah habis, sembako juga sudah hampir habis. Silakan, kalau itu saya tidak memaksa," katanya, saat menerima bantuan dari Yayasan Wings Peduli itu.

Sementara. General Affairs PT Wings Surya Oucky Hertanto mengatakan, pada kesempatan tersebut pihaknya menyalurkan 1.000 kemasan cairan pembersih Supersol. "Sudah diterima oleh wali kota. Selanjutnya bantuan langsung dibawa ke gudang BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah). Cairan pembersih ini gunanya juga untuk disinfektan, dia kan cairan korosif sehingga lebih bersih dan lebih higienis," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA