Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Banjir Sintang, Muhammadiyah DIY Berangkatkan Tim Medis

Jumat 26 Nov 2021 10:36 WIB

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)

Banjir Sintang, Muhammadiyah DIY Berangkatkan Tim Medis - Suara Muhammadiyah

Banjir Sintang, Muhammadiyah DIY Berangkatkan Tim Medis - Suara Muhammadiyah

Dukungan tim medis musibah banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, dibutuhkan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah  – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta yang didukung Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB), Majelis PKU, RSMA dan Lazismu, akan mengirimkan dokter dan tenaga medis. “Untuk itu, kami akan berkoordinasi dengan Majelis PKU PWM DIY,” terang Drs H Purwadi, MSi, PhD, Ketua LPB PWM DIY, Rabu (24/11/2021).

Menurutnya, hal tersebut atas dasar kemanusiaan dan menindaklanjuti surat dari LPB Pimpinan Pusat Muhammadiyah/MDMC tertanggal 20 November 2021 tentang permohonan dukungan tim medis musibah banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Setelah mengordinasikan persiapan dengan Tim Respon Kesehatan Muhammadiyah DIY untuk Sintang Kalimantan Barat, direncanakan pada 25 November 2021 tim medis akan diberangkatkan.

Selain itu, setelah secara administratif LPB PWM DIY laporan ke MDMC PP Muhammadiyah Bidang Respon Kesehatan, keberangkatan secara seremonial akan dilakukan MDMC PWM DIY di halaman PWM DIY Jl Gedongkuning, Yogyakarta.

Tim Respon Kesehatan Muhammadiyah DIY yang akan diberangkatkan di bawah koordinator dr Amri Mustaqim (RS PKU Muhammadiyah Gamping) adalah Bakti Endharto Yora, S.Kep.Ns (RS PKU Muhammadiyah Bantul), Faisal (RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta), Safrizal Wahyu Wardoyo (RS PKU Muhammadiyah Gamping) dan Nurhadi (RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta).

Selain mengirimkan tim medis guna membantu korban banjir di Kalimantan Barat, Tim Respon Kesehatan Muhammadiyah DIY juga akan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga terdampak banjir. “Makanya kami juga persiapkan logistik medis untuk memenuhi kebutuhan Poskor Muhammadiyah Sintang,” kata Purwadi.

Tim Respon Kesehatan Muhammadiyah DIY akan membantu layanan kesehatan di Kalbar dengan fokus daerah layanan Kabupaten Sintang.

Sementara itu, dr Amri Mustaqim dari RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, merasa bangga bisa ikut membantu korban banjir di Kalimantan Barat.

“Kebanggaan tersendiri bagi saya dan tentunya senangnya luar biasa sekali dipercaya MDMC DIY untuk jadi perwakilan demi kemasyarakatan,” ungkap dokter Amri Mustaqim.

Subkhan Fauzi selaku Sekretaris LPB PWM DIY menambahkan, MDMC PWM DIY akan mengirimkan relawan petugas medis yang berasal dari RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Gamping dan Bantul. “Tentunya hal itu untuk memberikan layanan kesehatan di Sintang Kalbar dan melaksanakan tindakan medis secara terukur pada korban bencana yang mengalami masalah kesehatan hingga merujuk pada faskes yang lebih tinggi,” kata Subkhan Fauzi.

Mewakili PWM DIY, Arif Jamali Muis berpesan kepada relawan karena respon bencana yang akan dihadapi adalah banjir, maka wajib untuk selalu mengedepankan keselamatan diri ketika berada di lokasi banjir dengan menggunakan peralatan keamanan, seperti jaket pelampung, perahu, dan seterusnya.

“Selain itu, di mana saat ini juga masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka wajib pula bagi mereka untuk menjaga kesehatan fisik mereka dengan selalu waspada dengan menerapkan protokol kesehatan dan cukup istirahat setiap hari,” pesan Arif Jamali Muis, Wakil Ketua PWM DIY.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA